Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menata Halaman Belakang Rumah agar Nyaman dan Menarik

Kompas.com - 15/09/2023, 17:50 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Halaman belakang rumah bisa menjadi tempat meyenangkan untuk berkumpul, bersantai, serta menghabiskan waktu bersama keluarga maupun tamu.

Sama dengan ruangan lainnya di rumah, halaman belakang juga perlu mendapat penataan dan dekorasi untuk membuatnya menjadi tempat yang nyaman. 

Baca juga: 6 Posisi Terbaik Meletakkan Gazebo di Halaman Belakang Rumah

Ada berbagai cara membuat halaman belakang terasa nyaman serta dan menarik, seperti menambahkan bantal, karpet, hingga pencahayaan yang sesuai.

Untuk membantu Anda, berikut cara menata halaman belakang rumah agar nyaman dan menarik dikutip dari Living etc, Jumat (15/9/2023).

Pertimbangkan skema pencahayaan

Ilustrasi taman belakang rumah, halaman belakang rumah.SHUTTERSTOCK/HANNAMARIAH Ilustrasi taman belakang rumah, halaman belakang rumah.
Ketika berbicara tentang kenyamanan, pencahayaan merupakan hal penting. Sama dengan di dalam ruangan, pencahayaan halaman belakang rumah juga dapat menciptakan kehangatan.

Tempat di mana orang cenderung duduk dan berkumpul merupakan tempat pertama yang perlu dipertimbangkan untuk diterangi.

Jika memiliki meja makan luar ruangan, menempatkan lampu gantung di pergola atau pohon bisa menjadi pilihan. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Halaman Belakang Rumah Lebih Santai dan Mengundang 

Menurut Jacob JeBailey, arsitek dan desainer di Reign Architects Inc, mengatakan pencahayan ymembantu menonjolkan fitur arsitektur, bentuk, serta dimensi di halaman belakang rumah.

"Misalnya, pencahayaan pohon di luar ruangan yang terfokus, pencahayaan tugas di dinding yang menghasilkan bayangan, dan pencahayaan jalan setapak," katanya.

Tambahkan bantal

Tambahkan bantalan serta bantal pada bangku atau sofa dapat menjadi cara menata halaman belakang rumah sekaligus memberikan kenyamanan.

Pilih palet warna yang sesuai dan mempertimbangkan pula bahannya. Jika berencana menyimpan bantal di dalam ruangan saat tidak digunakan, Anda memiliki lebih banyak pilihan bahan. Jika tidak, pilih bahan tahan lama yang cocok untuk luar ruangan.

Baca juga: 7 Ide Mendesain Halaman Belakang yang Kecil dengan Anggaran Terbatas

Hadirkan kelembutan di bawah kaki dengan karpet

Karpet lembut adalah pelengkap yang bagus untuk halaman belakang rumah dan dapat meningkatkan kenyamanan.

Di samping itu, karpet juga akan menambahkan warna serta pola. Karpet luar ruangan terbaik terbuat dari polipropilena, plastik sintetis yang tahan air dan noda.

Karena tidak menyerap kelembapan, maka bahan ini tahan jamur sehingga dapat ditinggalkan di luar ruangan. Namun, penting mengikuti petunjuk perawatan dari produsen. 

Baca juga: 8 Tanaman Pengusir Tawon yang Dapat Ditanam di Taman

Gunakan bahan alami

Ilustrasi taman teras rumah Ilustrasi taman teras rumah
Selanjutnya, cara menata halaman belakang rumah adalah menggunakan bahan alami untuk furnitur area luar ruangan. Ini membantu menyelaraskan furnitur dengan lingkungan sekitar serta menghadirkan suasana nyaman yang merangkul alam. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com