Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fakta Menarik Kucing Putih, Bawa Keberuntungan dan Menggemaskan

Kompas.com - 15/09/2023, 09:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing putih murni adalah warna solid yang paling jarang ditemui. Kucing berbulu putih yang lembut seperti salju adalah salah satu penampilan kucing yang paling indah dan menggemaskan. 

Berbeda dengan kucing abu-abu atau kucing hitam, yang dapat bersembunyi dalam bayang-bayang, sulit melewatkan kucing berbulu putih yang hampir bersinar. 

Baca juga: 6 Penyebab Anak Kucing Diare dan Cara Mencegahnya

Perlu diketahui, kucing putih bukan ras tertentu, melainkan, banyak ras kucing yang berbeda dapat memiliki bulu putih yang panjangnya bervariasi.

Tentu saja, kucing putih bisa memiliki berbagai warna mata berbeda meski banyak yang memiliki mata biru mengagumkan, bahkan mata dengan dua warna berbeda.

Meski setiap kucing memiliki keindahan, mistik, dan sejarah serta kebiasaan unik dan menarik, kucing putih memiliki banyak fakta spesifik untuk bulu mereka yang bersalju.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (15/9/2023), berikut sejumlah fakta menarik kucing putih.  

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Kucing agar Tidak Obesitas

Banyak ras berbeda memiliki bulu serba putih

Ilustrasi kucing putih dengan warna mata unik.iStockphoto/Capuski Ilustrasi kucing putih dengan warna mata unik.
Sama dengan kucing calico dan tortoiseshell , kucing serba putih tidak terkait dengan ras tertentu.

Sebaliknya, banyak ras kucing berbeda, baik bulu panjang maupun bulu pendek, dapat memiliki bulu putih bersih, di antaranya kucing Persia, Angora Turki atau Turkish Angoras, American short-hairs, Siam, dan Devon rex.

Jadi, apa yang menyebabkan bulu ras kucing ini berwarna putih semua?

Jika seekor kucing memiliki gen W yang dominan, yang dikenal sebagai gen penutup, gen ini akan "menyembunyikan" setiap gen warna dan pola bulu lainnya dalam susunan genetik kucing sehingga menghasilkan bulu berwarna putih salju. 

Baca juga: Kucing Tidak Mau Makan, Kapan Harus Dibawa ke Dokter Hewan?

Kucing putih memiliki warna mata sangat unik

Selanjutnya, fakta menarik kucing putih adalah memiliki warna mata sangat unik.

Tahukah Anda bahwa warna mata kucing berkaitan dengan produksi melanin dalam tubuhnya? Karena itu, kucing putih atau berwarna terang sering kali memiliki mata terang.

Kucing putih dapat memiliki berbagai warna mata mencolok, seperti biru, hijau, kuning, oranye, atau kombinasi warna. Misalnya, ras kucing putih Khao manee, yang berasal dari Thailand. 

Banyak kucing putih mengalami tuli

Ilustrasi kucing Persia.Shutterstock/Szatkowski Patryk Ilustrasi kucing Persia.
Faktor genetik yang sama, yang membuat kucing putih memiliki bulu salju dan warna mata unik, juga dapat menyebabkan ketulian total atau parsial pada banyak kucing putih.

Hal ini terutama terjadi pada kucing putih dengan mata biru karena genetika yang terkait dengan bulu putih juga terkait dengan ketulian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com