Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Fakta Menarik Kucing Putih, Bawa Keberuntungan dan Menggemaskan

Berbeda dengan kucing abu-abu atau kucing hitam, yang dapat bersembunyi dalam bayang-bayang, sulit melewatkan kucing berbulu putih yang hampir bersinar. 

Perlu diketahui, kucing putih bukan ras tertentu, melainkan, banyak ras kucing yang berbeda dapat memiliki bulu putih yang panjangnya bervariasi.

Tentu saja, kucing putih bisa memiliki berbagai warna mata berbeda meski banyak yang memiliki mata biru mengagumkan, bahkan mata dengan dua warna berbeda.

Meski setiap kucing memiliki keindahan, mistik, dan sejarah serta kebiasaan unik dan menarik, kucing putih memiliki banyak fakta spesifik untuk bulu mereka yang bersalju.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (15/9/2023), berikut sejumlah fakta menarik kucing putih.  

Sebaliknya, banyak ras kucing berbeda, baik bulu panjang maupun bulu pendek, dapat memiliki bulu putih bersih, di antaranya kucing Persia, Angora Turki atau Turkish Angoras, American short-hairs, Siam, dan Devon rex.

Jadi, apa yang menyebabkan bulu ras kucing ini berwarna putih semua?

Jika seekor kucing memiliki gen W yang dominan, yang dikenal sebagai gen penutup, gen ini akan "menyembunyikan" setiap gen warna dan pola bulu lainnya dalam susunan genetik kucing sehingga menghasilkan bulu berwarna putih salju. 

Kucing putih memiliki warna mata sangat unik

Selanjutnya, fakta menarik kucing putih adalah memiliki warna mata sangat unik.

Tahukah Anda bahwa warna mata kucing berkaitan dengan produksi melanin dalam tubuhnya? Karena itu, kucing putih atau berwarna terang sering kali memiliki mata terang.

Kucing putih dapat memiliki berbagai warna mata mencolok, seperti biru, hijau, kuning, oranye, atau kombinasi warna. Misalnya, ras kucing putih Khao manee, yang berasal dari Thailand. 

Hal ini terutama terjadi pada kucing putih dengan mata biru karena genetika yang terkait dengan bulu putih juga terkait dengan ketulian.

Pada kucing putih dengan satu mata biru dan satu mata warna lain, tidak jarang telinga di "sisi biru" kurang mendengar, sedangkan telinga di sisi lain mendengar dengan normal.

Jika kucing peliharaan Anda tuli sebagian atau seluruhnya, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan untuk menjaganya tetap aman.

Berhati-hatilah tidak mengejutkan kucing dan gunakan isyarat visual daripada isyarat verbal untuk berkomunikasi.

Selain itu, penting menjaga kucing yang tuli sebagian atau tuli total di dalam ruangan setiap saat untuk menghindari bahaya serta melindungi diri dari pemangsa potensial. 

Kucing putih bukan albino 

Fakta menarik kucing putih lainnya adalah bukan albino, Memiliki bulu putih dan albino bukan hal yang sama.

Kucing putih hanya memiliki gen yang dikodekan untuk bulu putih, sedangkan albinisme adalah kondisi genetik yang mengakibatkan kurangnya pigmentasi warna pada kulit, bulu, dan mata.

Cara termudah menentukan apakah seekor kucing adalah albino atau bukan adalah melihat matanya. Kucing putih, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dapat memiliki berbagai macam warna mata.

Namun, kucing albino sering kali memiliki mata yang terlihat sangat pucat berwarna biru, merah muda, atau merah. 

Karena lebih rentan terhadap sengatan matahari, kucing putih juga memiliki risiko lebih tinggi terkena karsinoma sel skuamosa atau bentuk kanker kulit lainnya.

Karena itu, sangat penting mengambil langkah tepat untuk melindungi kulit putih kucing dari kerusakan akibat sinar matahari:

Jika kucing suka berjemur, cobalah membatasi waktu di dekat jendela yang terang antara pukul 10.00-166.00 saat matahari sedang terik-teriknya.

Pertimbangkan berinvestasi pada gorden atau tirai lebih tebal yang  membantu menghalangi atau membatasi sinar UV yang masuk melalui jendela.

Selain itu, berkonsultasi dengan dokter hewan tentang tabir surya tahan air yang dirancang melindungi kulit sensitif kucing. 

Kucing putih dianggap keberuntungan 

Berbeda dengan kucing hitam yang dianggap membawa sial, fakta menarik kucing putih adalah melambangkan keberuntungan dan nasib baik dalam berbagai budaya di seluruh dunia.

Kucing Japanese Beckoning, yang juga dikenal sebagai Maneki Neko, paling sering digambarkan sebagai kucing putih.

Berasal dari sekitar 1870, patung-patung ini ditempatkan di dekat pintu masuk rumah dan bisnis untuk membawa keberuntungan.

Sebut saja, Presiden AS ke-19, Rutherford B. Hayes, presiden ke-38 Gerald Ford, dan presiden ke-38 Jimmy Carter. Semuanya memiliki kucing Siam (meskipun banyak kucing Siam yang tidak sepenuhnya berwarna putih, sebagian besar bulunya berwarna putih). 

Presiden ke-25 William McKinley memiliki dua ekor kucing Angora Turki dengan nama yang sama eksotisnya, yaitu Enrique DeLome dan Valeriano Weyler. 

Kucing Persia putih adalah yang paling populer

Terakhir, fakta menarik kucing putih adalah Persia menjadi yang paling populer. Bulu kucing Persia yang panjang dan halus serta mata yang besar dan ekspresif terlihat sangat elegan.

Tak heran, kucing Persia telah banyak menghiasi kalender bertema kucing dan label makanan hewan peliharaan. 

Namun, kucing Persia putih memiliki banyak perawatan. Jika tidak, Anda akan mendapatkan bulu yang kusut dan kusam, bukannya kucing yang cantik. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/15/090825476/8-fakta-menarik-kucing-putih-bawa-keberuntungan-dan-menggemaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke