Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2023, 21:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing dikenal sebagai hewan yang penuh rasa ingin tahu dan suka mengamati dan belajar dari lingkungannya. 

Ternyata kucing juga bisa mengamati, bahkan meniru, perilaku dari kucing lain. Lantas, dari mana kucing bisa mengamati dan meniru perilaku tersebut?  

Baca juga: Mengapa Kucing Menatap Kucing Lain dan Pemiliknya?

Kemampuan kucing meniru dimulai sejak dini, terutama pada kucing liar. Hal itu karena menjadi peniru yang baik adalah kunci bagi kemampuan kucing muda untuk bertahan hidup.

Anak kucing akan dengan cepat belajar meniru keterampilan, seperti berburu dan merawat diri, dari induknya agar dapat bertahan hidup serta berkembang di alam liar.

Meski benar beberapa perilaku anak kucing didasarkan pada naluri, seperti memukul dan menggigit, kucing mengasah keterampilan berburu dengan melihat induknya menangkap serta membunuh mangsa. 

Kucing juga belajar bagaimana melakukan hal-hal, seperti menggunakan kotak pasir dan merawat diri mereka sendiri berkat keinginannnya meniru induknya. 

Baca juga: Bukan Sakit, Ini Alasan Kucing Tidur Terus

Ilustrasi kucing Turkish Angora.SHUTTERSTOCK/THECATS Ilustrasi kucing Turkish Angora.
Ikatan pengamatan antara induk dan anak kucing sangat erat sehingga diyakini anak kucing belajar lebih baik dengan mengamati induknya daripada mengamati perilaku kucing yang tidak mereka kenal.  

Seberapa pentingkah bagi anak kucing untuk mendapatkan kesempatan meniru induknya?

Dikutip dari Cuteness, Sabtu (29/7/2023), sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nature menunjukkan anak kucing yang disapih terlalu dini dari induk dan saudara kandungnya mengalami gangguan kemampuan belajar serta memiliki kecenderungan lebih besar untuk cemas dan menunjukkan perilaku agresif.

Diyakini bahwa kurangnya kontak yang cukup dekat dengan induk dan saudara-saudaranya menghambat pembelajaran sosial, yang jelas sangat penting bagi perkembangan perilaku kucing. 

Baca juga: Alasan Kucing Saling Menjilat Satu Sama Lain, Berbahayakah?

Kucing adalah pembelajar yang mengamati

Kemampuan kucing belajar dengan cara meniru tidak berakhir ketika mereka keluar dari masa anak kucing. Salah satu cara utama kucing belajar menavigasi dunia adalah melalui pembelajaran observasional.

Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya mengamati dunia di sekitarnya, termasuk pemiliknya dan kucing peliharaan lain yang berbagi rumah dengannya.

Kemampuan kucing yang luar biasa dalam memantau lingkungan sekitar mereka adalah alasan kucing dapat mengenal rutinitas pemiliknya dengan sangat baik, bahkan belajar mengenali wajah dan suara pemiliknya.

Karena kucing peliharaan adalah pembelajar yang sangat jeli, kucing mudah belajar dari kucing lain, terutama jika rukun satu sama lain.

Dalam rumah tangga dengan banyak kucing, kucing dapat saling mengajarkan perilaku baru, seperti cara menggunakan pintu kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com