Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ampuh, Ini 3 Bahan Alami Menghilangkan Noda Kerak Air pada Keran

Kompas.com - 29/07/2023, 15:50 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda kerak air yang menempel membuat tampilan keran air di rumah kurang sedap dipandang serta menghambat aliran air.

Kerak merupakan residu berkapur yang terbuat dari kalsium dan magnesium dan tertinggal saat air sadah menguap. Noda kerak air bisa menempel di berbagai permukaan.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak Putih di Keran Air dan Bak Cuci Piring 

Untungnya, menghilangkan noda kerak air tidak selalu menggunakan bahan kimia. Anda dapat membersihkannya menggunakan bahan-bahan alami di dapur.

Dikutip dari Ideal Home, Sabtu (29/7/2023), berikut sejumlah bahan alami menghilangkan noda kerak air pada keran. 

Lemon

Ilustrasi lemon, irisan lemon. PIXABAY/STEVE BUISSINNE Ilustrasi lemon, irisan lemon.
Lemon efektif mengurai noda kerak air karena sifat asamnya sehingga sering menjadi pilihan menghilangkan noda kerak air pada keran. 

Namun, Richard Ghinn, bathroom expert di Tradebase, mengingatkan perlu berhati-hati membilas lemon dengan air setelahnya karena dapat mengikis keran setelah menghilangkan kerak.

Untuk penumpukan dalam jumlah kecil, gosokkan air perasan lemon perlahan menggunakan kain atau sikat gigi, bilas dengan air, kemudian gosok keran dengan kain kering.

Baca juga: 11 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan Pakai Lemon Segar

Sedangkan untuk noda kerak air yang lebih tebal, rendam kain atau tisu dapur dalam air lemon, letakkan di atas keran, dan biarkan selama satu jam.

Ikatkan kantong berisi perasan air lemon pada bagian cerat menggunakan karet, biarkan selama satu jam. Setelah satu jam, lepaskan kain dan kantong, bilas dengan air, keringkan, dan gosok keran air dengan kain.

Cuka

Ilustrasi cuka putih.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka putih.
Cuka juga menjadi bahan alami menghilangkan noda kerak air pada keran. Kanduangan asam cuka bekerja sangat baik membersihkan endapan kerak yang membandel. 

Untuk memanfaatkannya, campurkan cuka putih dan air dengan jumlah sama, kemudian celupkan kain pembersih ke dalam larutan tersebut, gunakan kain untuk menggosok kerak.

Polly Shearer, kitchen and bathroom expert di Tap Warehouse, merekomendasikan memperpanjang waktu perendaman jika ada banyak noda kerak air. 

"Tergantung pada seberapa parah kerak, rendam area berkerak dalam larutan cuka putih hingga 30 menit sebelum menggosoknya," imbuhnya.

Baca juga: Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Permukaan Karet, Kenapa?

Baking soda 

Terakhir, bahan alami menghilangkan noda kerak air pada keran adalah baking soda. Caranya, buat pasta baking soda dnegan campuran air.

Fohen, tap specialists, menyarankan mencampurkan 118 mililiter baking soda dengan air hangat secukupnya.

Dengan kain lembut, gosokkan campuran tersebut dengan lembut pada noda kerak air. Setelah selesai menggosok, bilas dengan air, lalu seka hingga kering untuk mencegah timbulnya bercak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com