Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Nuansa Biru, Hadirkan Ketenangan

Kompas.com - 29/07/2023, 14:13 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biru merupakan salah satu warna yang banyak digunakan dalam desain interior. Biru memberikan suasana menenangkan dan rasa nyaman sehingga cocok untuk ruangan bersantai, seperti kamar tidur dan ruang keluarga.

Sementara itu, warna biru yang lebih kaya menambahkan kesan elegan di ruang kerja atau ruang makan. Jika ingin menambahkan sentuhan biru, tapi tidak yakin harus memulai dari mana, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. 

Dikutip dari House Beautiful, Sabtu (29/7/2023), berikut cara mendekorasi rumah dengan nuansa biru,

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Mengecat Dinding dengan Warna Biru

Perkenalkan biru secara bertahap

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding aksen warna biru. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi ruang tamu dengan dinding aksen warna biru.
Daripada merombak warna dinding secara langsung, cara mudah mencoba palet warna baru adalah membawa dekorasi yang sesuai dengan skema.

Tidak harus berupa furnitur, mulailah dari benda kecil, kemudian tingkatkan seiring perkembangan selera. Pertimbangkan menambahkan karya seni, ornamen, dan gorden.

Amy Wilson, desainer interior 247 Curtains, menyarankan menambahkan biru secara bertahap melalui benda-benda bermaterial kain di rumah. 

Ia menyarankan mempertimbangkan bantal, bahkan tirai biru. "Dinding putih polos sangat cocok dengan pola lebih ramai, jadi pilih desain biru yang berani melalui motif bunga atau bentuk geometris," katanya.

Baca juga: 3 Kombinasi Warna Biru untuk Desain Kamar Mandi yang Menenangkan

Padukan biru dengan tekstur netral

Untuk mencegah ruangan terasa datar, warna netral akan menyeimbangkan terang dan gelap. Pilih warna netral dengan sentuhan akhir bertekstur untuk menambahkan kedalaman serta daya tarik visual.

"Sekali lagi, pertimbangkan bantal, karpet netral besar, dan tirai kontras jika mencari cara menghidupkan kamar warna biru," imbuh Amy.

Ia menambahkan, rotan, lapisan kayu, dan boucle akan mencerahkan ruangan biru serta memberikan sentuhan elegan.

Baca juga: Alasan Biru Menjadi Warna Terbaik untuk Kamar Tidur

Jangan takut melapisi warna biru yang berbeda

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna biru muda.SHUTTERSTOCK/YAMPI Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna biru muda.
Amy menyarankan mencari nuansa berbeda dari satu warna dalam satu skema.

"Melapisi berbagai warna biru akan bekerja sangat baik dalam penataan kontemporer jika menggunakan warna dopamin tinggi yang berani, seperti brilliant blue dan turqoise, lalu menambahkan biru pastel yang lebih lembut untuk kesimbangan," ucapnya.

Menambah kemewahan dengan sentuhan perunggu dan kuningan

Memperhatikan detail kecil penting jika menginginkan hasil akhir mewah dan berkelas. Pertimbangkan menambahkan logam.

Amy menyarankan memilih logam lebih hangat, seperti perunggu atau kuningan daripada warna lebih dingin karena menciptakan keseimbangan indah antara kedalaman dan kehangatan.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Barang Apa pun yang Terbuat dari Perunggu

"Sedikit saja sudah cukup untuk logam dan ada baiknya mempertimbangkan perpaduan antara sentuhan akhir matt dan mengilap," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com