Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2023, 09:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah agas mengacu pada serangga terbang kecil yang mungkin menggigit atau tidak.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena sebagian besar agas dalam ruangan tidak menggigit dan tidak mudah menyebarkan penyakit. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah dan Membasmi Agas Jamur dari Tanaman

Meski demikian, serangga kecil ini dapat menyebabkan banyak gangguan di dalam rumah sehingga penting segera menanganinya sebelum serangannya semakin parah. 

Langkah pertama membasmi agas adalah mengetahui jenis agas yang berkeliaran di sekitar rumah Anda.  

Setidaknya, ada tiga jenis agas yang paling umum berkeliaran di rumah. Pertama, agas jamur ditemukan terbang di dekat tanaman hias yang terlalu banyak disiram air dan tanah lembap. 

Kedua, lalat buah melayang-layang di sekitar buah yang terlalu matang. Ketiga, lalat saluran pembuangan berkumpul di area yang lembap, seperti pipa di dapur, kamar mandi, ruang mencuci, dan ruang bawah tanah. 

Agas berkembang biak di bahan organik yang membusuk dan lembap. Jadi, Anda perlu menilai sumbernya. Hal ini seharusnya relatif jelas karena agas cenderung berkumpul di sekitar masalah, yang akan membantu Anda mengidentifikasi jenisnya.

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Sabtu (29/7/2023), berikut sejumlah cara membasmi agas di rumah

Baca juga: 5 Cara Membasmi Hama Agas pada Tanaman Dalam Ruangan

Perangkap lalat buah dengan cuka dan gula

Ilustrasi lalat buah.Shutterstock/Anne Webber Ilustrasi lalat buah.
Cuka dan gula dapat digunakan sebagai cara membasmi agas. Letakkan mangkuk di dekat kutu dan isi dengan cuka sebelum menambahkan satu sendok teh gula pasir, yang akan membuat agas tertarik.

Cuka inilah yang pada akhirnya membunuh agas, tetapi Anda juga membutuhkan cara  menyimpannya di dalam mangkuk cukup lama agar hal itu terjadi.

Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan buat lubang kecil di bagian atasnya atau tambahkan sedikit sabun cuci piring ke dalam campuran cuka dan gula. 

Baca juga: Kenapa Agas Jamur pada Tanaman Harus Dibasmi?

Gunakan produk yang sudah busuk

Selanjutnya, cara membasmi agas di rumah adalah menggunakan produk yang sudah membusuk.

Untuk lalat buah, cobalah metode yang sama untuk memancing dan menjebaknya. Tambahkan beberapa potong buah yang sudah membusuk, seperti pisang atau apel, ke dalam mangkuk, tutup rapat dengan plastik pembungkus, dan buat lubang-lubang kecil pada plastik agar lalat bisa masuk, tetapi tidak bisa keluar.

Agas pada akhirnya akan mati dalam perangkap buatan sendiri. Ini adalah cara baik  mengingatkan rumah tangga Anda untuk makan buah sebelum mulai membusuk. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Lalat Buah di Dapur, Mudah Dilakukan

Membasmi lalat saluran air dengan pemutih

Jika hama melayang-layang di sekitar saluran pembuangan wastafel, ambil sebotol pemutih dan campurkan 118 mililiter pemutih dengan 3,7 liter air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com