Kompas.com - 30/06/2022, 15:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Agas jamur sering muncul pada tanaman hias. Hama terbang kecil ini sering dikira lalat buah lantaran berukuran sama.

Agas jamur dapat ditemukan pada tanah di dasar tanaman. Lebih buruk lagi, agas jamur dapat muncul saat Anda menyeka daun tanaman. 

Baca juga: Kenapa Agas Jamur pada Tanaman Harus Dibasmi?

Meski tidak berbahaya dalam arti tidak menggigit atau menyebarkan penyakit, kemunculan agas jamur pada tanaman hias dapat mengganggu dan cukup menjijikkan.

Selain itu, agas jamur cenderung berkembang biak dengan cepat dan dapat memakan akar tipis serta menyebabkan kerusakan pada tanaman hias.

“Mereka adalah salah satu hama tanaman hias yang paling umum,” kata Danae Horst, pendiri toko tanaman Folia Collective yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), dan penulis Houseplants for All, dilansir dari The Kitchn, Kamis (30/6/2022).

Berikut tips mencegah dan membasmi agas jamur dari tanaman. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membasmi Hama Agas Jamur pada Tanaman 

Pastikan pot memiliki drainase yang baik

Ilustrasi membasmi hama agas jamur pada tanaman. SHUTTERSTOCK/PIXELBENDER36 Ilustrasi membasmi hama agas jamur pada tanaman.
Jika memiliki tanaman hias yang tidak tumbuh baik, drainase yang buruk bisa jadi penyebabnya. Tanah yang basah dan air yang tergenang di dasar pot dapat menimbulkan banyak masalah bagi tanaman.

Selain itu, kondisi tersebut menjadi tempat berkembang biak utama untuk agas jamur. Jadi, langkah pertama memerangi hama pengganggu ini sangat sederhana.

"Pilih wadah dengan lubang drainase saat menanam tanaman,” kata Horst.

Jika Anda tidak tahan dengan wadah tertutup yang indah atau tidak bisa membuat lubang drainase sendiri, cobalah metode cachepot.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Kitchn
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.