Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2022, 20:53 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa tanaman menawarkan beragam manfaat untuk manusia, mulai dari menjadi dekorasi ruangan hingga pemurni udara.

Hadirnya salah satu bagian dari alam di dalam rumah pun dapat membuat dirimu merasa segar, dan suasan hati menjadi ringan.

Baca juga: 3 Cara Membasmi Hama Serangga Agas pada Tanaman Hias Indoor

Kendati demikian, seperti disadur Martha Stewart, Senin (28/2/2022), ada satu masalah yang kerap ditemui oleh pemilik tanaman, yakni hama serangga agas jamur.

Apa itu agas jamur

Ilustrasi serangga, ilustrasi hama - Hama serangga bernama agas jamur.SHUTTERSTOCK / SIMON SHIM Ilustrasi serangga, ilustrasi hama - Hama serangga bernama agas jamur.

Agas jamur merupakan hama serangga. Mereka berukuran kecil seperti lalat buah, dan kerap terlihat mengambang di sekitar tanaman.

Meski ukurannya sama seperti lalat buah, Melissa Ozawa selaku editor di Martha Steward menjelaskan, agas jamur bersarang di tanah yang lembap.

Kenapa harus dibasmi?

Hama ini perlu dibasmi karena dapat merusak tanaman saat sedang berada dalam tahap larva. Mereka memakan tanah, dan merusak akar tanaman dalam prosesnya.

Baca juga: Trik Mengatasi Agas Jamur pada Tanaman

Selain itu, mereka sangat mengganggu tanaman berbunga seperti anyelir dan poinsettia. Agas jamur daat menyebabkan tanaman-tanaman ini menguning, layu, dan mengalami pertumbuhan yang buruk.

Cara membasmi agas jamur

Sebelumnya, dikatakan bahwa hama ini bersarang di tanah yang lembap. Adapun hal tersebut karena mereka menyukai air, sehingga mereka hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembap.

Ilustrasi serangga, ilustrasi hama - Hama serangga bernama agas jamur.SHUTTERSTOCK / MarcOliver_Artworks Ilustrasi serangga, ilustrasi hama - Hama serangga bernama agas jamur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com