Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda Ini Sering Menjadi Tempat Persembunyian Hama di Rumah

Kompas.com - 23/02/2022, 23:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang bersih tidak serta merta bebas dari hama dan serangga. Faktanya, infestasi hama dapat menyerang rumah paling bersih dan rapi sekali pun. 

Hama merupakan permasalahan abadi yang dihadapi setiap rumah. Kemunculan hama di rumah tak hanya mengganggu, tapi juga membuat kotor, mengancam kesehatan, serta merusak rumah. 

Baca juga: Banyak Hama di Kebun? Usir dengan 9 Tanaman Herbal Ini

Namun, dengan mengawasi tempat-tempat hama sering bersembunyi di rumah, dapat mencegah kerusakan struktural rumah serta menghindari ancaman terhadap kesehatan dan keselamatan. 

Dikutip dari Bobvila, Rabu (23/2/2022), berikut enam benda yang sering menjadi tempat persembunyian hama di rumah. 

Boneka 

Ilustrasi boneka. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi boneka.
Hama kutu busuk tidak hanya berkembang biak pada kasur dan seprai. Serangga kecil dapat hidup pada berbagai kain lembut, termasuk boneka anak.

Gigitan kutu busuk dapat menyebabkan ruam dan infeksi. Jadi, waspadai tanda-tanda infestasi kutu busuk dan cuci boneka secara rutin. 

Baca juga: 8 Tips Membasmi Berbagai Hama di Rumah, dari Kecoak sampai Rayap

Dompet dan pakaian

Tempat lain yang biasa menjadi persembunyian serangga adalah dompet dan pakaian. Kutu busuk, misalnya, dapat berlarian dari tempat tidur atau tempat lain yang terinfestasi ke barang-barang seperti sweater dan koper, memperluas wilayah mereka.

Hal yang sama berlaku untuk kutu, yang dapat hidup dari inang manusia hingga 24 jam dan di dalam air hingga delapan jam. 

Baca juga: Cara Menggunakan Wol Baja untuk Mencegah Hama Masuk ke Rumah

Outlet listrik

ilustrasi stopkontakUnsplash/Kelly Sikkema ilustrasi stopkontak
Semut, kumbang, dan kutu busuk dapat menemukan rumah yang nyaman di balik penutup stopkontak. Residu bubuk halus dan kering yang merembes melalui celah-celah di sekitar outlet listrik adalah salah satu tanda infestasi hama. 

Laci sampah

Kebanyakan orang memiliki setidaknya satu laci yang tidak teratur di rumah. Sementara laci sampah ini berguna menyimpan berbagai barang yang tidak cocok, tetapi berguna. 

Laci sampah juga menyediakan tempat-tempat gelap yang disukai laba-laba untuk bersembunyi. Untuk itu, Anda perlu membersihkan laci sampah secara teratur untuk menghindari laba-laba bersembunyi. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Hama di Rumah

Mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.SHUTTERSTOCK/LESZEK GLASNER Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.
Meski mesin pencuci piring telah didorong ke dinding, masih ada cukup ruang di belakang bagi serangga untuk menemukan tempat peristirahatan yang bagus.

Ditambah, mesin pencuci piring menawarkan sisa makanan serta kelembapan dari kondensasi atau kebocoran pipa dan sambungan saluran air sehingga sangat menarik bagi serangga, khususnya kecoak, untuk hidup di sana. 

Untuk itu, pastikan membersihkan mesin pencuci piring setiap kali digunakan dan membersihkan secara menyeluruh setiap minggu. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Hama yang Sering Menyerang Pohon Lemon dan Solusinya 

Kulkas

Suhu dingin di dalam kulkas tidak berarti dapat mencegah serangga tertentu masuk dan tinggal beberapa saat. Ada banyak hama yang paling sering ditemukan di dalam kulkas seperti lalat buah, lalat rumah, agas, dan kecoak.

Lakukan pembersihan menyeluruh untuk mencegah kulkas dari hama yang tidak diinginkan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com