Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2022, 07:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada penghuni rumah mana pun yang menginginkan hama muncul di dalam hunian mereka, entah itu lalat buah, serangga, kecoak, semut, maupun tikus.

Untuk menyingkirkan hama tersebut, ada banyak produk berbahan kimia yang bisa digunakan. Namun, jika tidak ingin menggunakan produk berbasis bahan kimia, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir hama di rumah.

Baca juga: 6 Area dan Benda di Dalam Rumah yang Harus Rutin Dibersihkan 

Sarah Lozanova, penulis buku Humane Home: Easy Steps for Sustainable & Green Living membagikan lima bahan alami yang ampuh membasmi hama di rumah dilansir dari Mind Body Green, Selasa (8/2/2022).

Bubuk kopi

Sesuaikan jenis gilingan biji kopi dengan peralatan kopi yang sesuai agar citarasa kopi tak terlalu pahit.UNSPLASH/ANDREA TUMMONS Sesuaikan jenis gilingan biji kopi dengan peralatan kopi yang sesuai agar citarasa kopi tak terlalu pahit.
Menurut Lozanova, senyawa tertentu dalam kopi mengandung racun bagi serangga. Jadi, meninggalkan ampas kopi di sekitar rumah dapat membantu mencegah hama masuk.

Sebarkan juga bubuk kopi pada area di rumah yang rentan dimunculi hama sehingga hama tak akan kembali lagi. 

Baca juga: 7 Mitos Membasmi Hama di Rumah yang Tidak Perlu Dipercaya

Minyak esensial peppermint

Lozanova mengatakan selain menyegarkan dan menenangkan, minyak esensial peppermint juga dapat mengusir tikus, kecoak, dan semut.

"Saya meletakkannya di atas kapas dan membiarkannya atau saya menyemprotkannya ke permukaan di tempat-tempat hama masuk," ucapnya.

Minyak jeruk, kayu putih, dan kayu manis juga menjanjikan dalam hal mencegah hama tertentu. 

Baca juga: 4 Hama di Dalam Rumah yang Ternyata Berbahaya 

Wol baja

Jika Anda tahu hama akan memasuki area tertentu di rumah, Lozanova merekomendasikan  menempatkan wol baja pada titik masuk itu karena mereka tidak akan bisa mengunyahnya.

Letakkan atau tempelkan beberapa wol baja pada area yang sering dimasuki tikus.  

Cuka

Ilustrasi cuka sebagai pembersih alami.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Ilustrasi cuka sebagai pembersih alami.
Hama yang terus-menerus muncul di rumah bisa disebabkan adanya sisa makanan di dapur yang berserakan.

Untuk menghilangkan sisa makanan, coba gunakan pembersih alami beraroma jeruk karena banyak serangga tidak menyukai aroma ini. 

Setelah itu, bersihkan semuanya dengan campuran cuka putih dan air untuk membantu menghilangkan jejak aroma yang ditinggalkan semut. 

Baca juga: 3 Jenis Hama Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesuburan 

Sabun cuci piring

Untuk mengusir serangan hama lalat buah, gunakan mangkuk kecil, lalu isi dengan cuka sari apel secukupnya dan beberapa tetes sabun cuci piring, kemudian aduk sampai kedua bahan tercampur, dan letakkan mangkuk di tempat Anda melihat lalat.

Bau cuka akan menarik lalat buah dan lapisan sabun pada permukaan akan menjebak mereka. Buang isi mangkun dan isi kembali bila ingin mengulangi metode ini. 

Namun, bila semua cara di atas tidak membuah hasil, pertimbangkan memanggil pembasmi hama profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com