Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Membasmi Berbagai Hama di Rumah, dari Kecoak sampai Rayap

Kompas.com - 21/02/2022, 18:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi pemilik rumah, dari, kecoak, tikus, semut, hingga nyamuk.

Berbagai jenis hama yang masuk ke rumah ini tidak hanya mengganggu kehidupan, tapi juga berdampak buruk pada kesehatan pemilik rumah. 

Baca juga: 5 Cara Mengendalikan Hama Kumbang Tanduk pada Tanaman Kelapa

Seperti dilansir dari Well and Good, Senin (21/2/2022), Brittany Campbell, staf entomologi dan ilmuwan penelitian di National Pest Management Association (NPMA), Amerika Serikat, mengatakan mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca panas dan hujan mudah menemukan hama yang menularkan penyakit seperti kutu dan nyamuk. 

Selain itu, ada hama yang menyukai kelembapan seperti rayap, semut, dan kecoak, yang muncul di daerah dengan cuaca hangat dan basah. 

Ada beragama cara membasmi hama di rumah. Setiap hama memiliki metode pembasmian berbeda. Berikut tips mencegah dan membasmi berbagai hama di rumah. 

Baca juga: Cara Menggunakan Wol Baja untuk Mencegah Hama Masuk ke Rumah 

Kecoak

Ilustrasi kecoak.SHUTTERSTOCK / sainan 2522 Ilustrasi kecoak.
Hama kecoak umumnya senang berkumpul pada tempat yang hangat dan lembap dengan tersedia makanan serta air seperti dapur dan kamar mandi.

Jika mencurigai adanya infestasi kecoak di area rumah, periksa tempat-tempat air masuk dan keluar dari rumah seperti di sepanjang dan belakang pipa serta di dalam lemari di bawah wastafel.

Untuk mengurangi infestasi, tambal atau gunakan wol baja untuk menutup setiap celah atau lubang yang ada di rumah guna mencegah kecoak masuk. 

Baca juga: 7 Cara Membasmi Kecoak di Dapur, Pakai Mentimun hingga Kayu Manis 

Nyamuk

Campbell mengatakan genangan air dapat menarik nyamuk yang dapat menularkan virus berbahaya. Dengan menghilangkan berbagai sumber genangan air di sekitar rumah, dapat mengurangi ancaman penyakit yang dibawa nyamuk dan mencegah nyamuk membuat tempat berkembang biak. 

Untuk itu, periksa genangan air di sekitar rumah Anda setiap seminggu sekali, perhatikan tempat mandi burung, mainan anak-anak, penutup kolam, ban, pot, dan area drainase.

Bersihkan juga selokan yang menampung puing-puing atau dedaunan serta jendela dan pintu

Baca juga: Gampang, Ini 4 Cara Membasmi Nyamuk di Halaman Rumah 

Semut

Cara mengusir semut dengan bahan alamiUnsplash/Amit Talwar Cara mengusir semut dengan bahan alami
Semut dapat hidup lama tanpa makanan, tetapi tidak dapat bertahan satu hari tanpa air. Tutup pintu masuk semut dengan mendempul celah dan lubang di sekitar jendela, pintu, dan bukaan pipa utilitas masuk ke rumah.

Selain itu, tutupi setiap makanan di dapur, rutin menyapu dan menyedot debu, dan bersihkan meja setelah menyiapkan makanan. 

Jangan tinggalkan mangkuk makanan hewan peliharaan di luar ruangan, memperbaiki pipa dan keran yang bocor, serta pangkas tanaman di kebun yang sudah meninggi

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut di Rumah 

Lalat 

Lalat sangat tertarik pada makanan manis dan aktivitas manusia. Serangga pengganggu ini masuk melalui jendela, pintu, dan celah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com