Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2023, 19:21 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan lalat di rumah tak jarang menjadi masalah yang sulit diatasi. Tidak hanya mengganggu, lalat juga dapat menularkan penyakit lantaran hinggap di  kotoran dan sampah sehingga dapat membawa bakteri yang mencemari makanan.

Di samping itu, lalat juga membuat rumah terkesan kotor. Untungnya, mengusir lalat dari rumah mudah dilakukan dan tak selalu menggunakan semprotan serangga.

Baca juga: 10 Fakta Tentang Lalat Rumah yang Perlu Diketahui

Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengusir lalat dari rumah. Dilansir dari Bob Vila, Kamis (2/3/2023), berikut lima cara alami mengusir lalat dari rumah.

Tutup pintu masuk

Ilustrasi lalat.PIXABAY/ADEGE Ilustrasi lalat.

Menutup tempat-tempat yang biasa dihinggapi lalat untuk masuk ke rumah merupakan pertahanan terbaik.

Perbaiki kasa ventilsai yang rusak pada jendela serta tutup celah-celah pada jendela yang bisa menjadi pintu masuk lalat. 

Baca juga: 5 Tanaman Pengusir Lalat Secara Alami di Halaman Rumah

Singkirkan hal-hal yang mengundang lalat

Singkirkan hal-hal yang menarik perhatian lalat seperti jangan meninggalkan sisa makanan di atas meja, terutama tidak menutupnya. 

Selain itu, perhatika penempatan buah-buahan karena dapat mengundang lalat buah dan jaga meja tetap bersih dari remah-remah.  

Selanjutnya, segera mencuci piring setelah selesai makan daripada membiarkannya di bak cuci. Perhatikan juga sampah dan makanan hewan peliharaan karena bisa menarik lalat.

Tutup tempat sampah dan buang isinya secara teratur serta bersihkan atau tutup mangkuk hewan peliharaan, terutama jika memberikan makanan basah.

Baca juga: Ragam Alasan Kehadiran Lalat Buah di Rumah Perlu Diwaspadai

Pancing keluar dengan cahaya

Serangga tertarik pada cahaya. Jika rumah dipenuhi lalat, biarkan cahaya membantu mengusir lalat dari.

Pada siang hari yang cerah, tutup ruangan di mana terdapat banyak lalat. Tutup tirai, kecuali satu celah yang memungkinkan masuknya cahaya, lalu buka jendela tersebut lebar-lebar. Lalat secara alami akan tertarik pada cahaya dan keluar dari rumah. 

Baca juga: Kenapa Lalat Tertarik dengan Cahaya di Rumah?

Gunakan pemukul dan kertas lalat

Ilustrasi lalat.UNSPLASH/CHRIS CURRY Ilustrasi lalat.
Meski telah berupaya mencegah, lalat kadang tetap bisa masuk ke rumah. Untuk mencegahnya, gunakan alat pemukul lalat untuk membasminya.

Lalat rumah memiliki penglihatan hampir 360 derajat. Jadi, dekati dari belakang dan lakukan pukul dengan cepat.

Cara lain, menyedot lalat dengan vacuum cleaner. Gunakan cara ini hanya untuk penyedot debu yang memiliki kantong, lalu buang lalat segera di luar rumah. 

Selain itu, cara efektif lainnya adalah menggantung kertas lalat berkualitas di tempat biasa serangga ini muncul. Lalat akan menabraknya dan terjebak di kertas tersebut. 

Baca juga: 4 Benda di Rumah yang Bisa Disulap Jadi Perangkap Lalat

Gunakan tanaman hias

Tanaman hias dalam pot dapat membantu mengusir lalat. Kebun herbal dalam ruangan yang mencakup mint, lavender, dan kemangi adalah penangkal lalat yang baik.

Letakkan tanaman ini di ambang jendela dapur sehingga kemungkinan lalat untuk masuk lebih kecil. Sebagai alternatif, Anda dapat membuat larutan dari beberapa tetes minyak lavender atau minyak kayu putih dan air.

Setelah itu, masukkan ke botol semprot, lalu semprotkan pada kusen pintu dan jendela sesering mungkin untuk mengusir lalat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com