Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Permukaan Karet, Kenapa?

Kompas.com - 05/07/2023, 15:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka adalah salah satu bumbu dapur, tetapi juga dapat digunakan sebagai produk pembersih alami, murah, dan serbaguna. Karena fleksibilitas dan kemudahan aksesnya, cuka menjadi bagian penting dari rutinitas pembersihan banyak orang. 

Akan tetapi, banyak yang tidak tahu bahwa cuka tidak dapat digunkan untuk membersihkan beberapa jenis benda. Salah satunya adalah permukaan karet.

Dikutip dari House Digest, Rabu (5/7/2023), membersihkan jenis karet tertentu dengan cuka yang tidak diencerkan dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan dalam hal integritas peralatannya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kloset dengan Mudah, Pakai Cuka

Ilustrasi cuka putih.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka putih.

Cuka dapat digunakan sebagai produk pembersih alami karena merupakan jenis asam yang ringan. Bahan ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk menghilangkan minyak atau mengatasi noda membandel, tetapi bisa menjadi terlalu keras untuk beberapa bahan.

Karet adalah bagian dapur yang sangat tahan lama, tahan lama, dan fleksibel, tetapi menyemprotnya dengan cuka dapat menyebabkannya rusak.

Cuka pada dasarnya dapat menggerogoti karet tertentu, membuat Anda memiliki komponen yang bersih tetapi tampaknya tidak berfungsi sebaik dulu.

Karena cuka menggerogoti karet, sebaiknya hindari menggunakannya pada bagian tertentu dari peralatan di dapur.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bau, Pakai Cuka

Beberapa jenis karet tidak mudah rusak karena hal ini, seperti karet alam, silikon, karet butil-sintetik, dan etilen-propilena, tetapi kecuali Anda tahu pasti jenis karet apa yang digunakan merek alat, sebaiknya gunakan pembersih jenis lain.

Meskipun sebagian besar permukaan peralatan kemungkinan besar terbuat dari plastik atau logam, segel yang menahan air atau udara dingin agar tidak bocor biasanya terbuat dari karet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com