Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membersihkan Karpet Outdoor agar Tahan Lama

Kompas.com - 06/07/2023, 17:54 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet luar atau outdoor cocok digunakan untuk melengkapi area luar ruangan di rumah. Namun, karpet outdoor cepat menjadi kotor.

Clare Walsh, brand expert di Kukoon Rugs mengatakan idealnya Anda harus membersihkan karpet luar ruangan setiap beberapa minggu sekali. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membersihkan Karpet Outdoor agar Tidak Kusam

Meski tahan terhadap berbagai cuaca, karpet outdoor tetap perlu dibersihkan agar tahan lama, bebas lumut dan ganggang, serta warnanya tetap terjaga. 

Dikutip dari Woman and Home, Kamis (6/7/2023), berikut cara membersihkan karpet luar ruangan. 

Bersihkan kotoran di permukaan

Langkah membersihkan karpet outdoor adalah menghilangkan kotoran dari permukaan. Caranya, goyangkan karpet outdoor dengan baik untuk melonggarkan dan melepaskan kotoran yang menempel. 

Clare mengatakan, gunakan penyedot debu atau sikat untuk menghilangkan kotoran di antara serat-serat karpet. Anda bisa menggantung karpet outdoor di atas pagar sebelum menyikatnya secara menyeluruh.

"Perlu dicatat, Anda harus melakukannya pada kedua sisi," katanya.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Luar Ruangan

Bilas karpet

Clare mengatakan membersihkan karpet outdoor secara keseluruhan cukup memakai air dari selang taman. 

Cobalah meninggikan posisi karpet setelah membilasnya agar kelebihan air dapat mengalir keluar. Pilih hari yang hangat dan kering agar karpet luar ruangan cepat mengering dengan baik. 

Pasalnya, karpet yang tidak cukup kering dapat menyebabkan jamur terbentuk.

Gosok noda dengan larutan pembersih

Setelah membersihkan kotoran dan membila karpet outdoor, Anda bisa melihat jelas sisa kotoran atau noda yang harus ditangani.

Clare menyarankan mencampurkan air hangat dengan detergen ringan untuk membuat larutan pembersih. "Dengan sikat lembut, gosok karpet dengan lembut di seluruh bagian untuk menghilangkan kotoran dan menyegarkan serat dan corak warnanya," katanya. 

Saat membersihkan karpet outdoor, disarankan melakukan uji coba kecil lebih dulu guna memastikan larutan tidak menyebabkan perubahan warna atau merusak serat karpet.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Luar Ruangan agar Tetap Seperti Baru

Menangani noda membandel

Clare menyarankan menggunakan spons yang lembut dan tidak abrasif serta detergen yang lembut untuk membersihkan noda membandel.

"Cobalah untuk menghindari penggosokan yang keras, yang dapat memperburuk noda, dan sebagai gantinya, tekan dengan lembut untuk mengangkat noda dari serat," katanya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com