Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pengharum Ruangan Sendiri dengan Mudah

Kompas.com - 04/09/2023, 15:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengharum ruangan bisa membuat suasana dalam rumah menjadi menyenangkan. Selain itu, pengharum ruangan juga bisa meningkatkan mood.

Pewangi ruangan sebenarnya mudah didapatkan karena banyak dijual di supermarket. Akan tetapi, terkadang kita tidak cocok dengan pengharum ruangan yang dijual di pasaran.

Jika demikian, salah satu solusinya yaitu membuat pengharum ruangan sendiri yang bisa disesuaikan dengan selera. Ternyata, cara membuat pengharum ruangan tidak sulit.

Baca juga: 7 Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami, Aromanya Sesuai Selera

Dikutip dari Real Homes, Senin (4/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Alat dan bahan

  • Air suling
  • Alkohol
  • Minyak esensial
  • Botol semprot

Ilustrasi pengharum ruangan alami yang dibuat sendiri di rumahSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi pengharum ruangan alami yang dibuat sendiri di rumah

Campurkan air suling dengan alkohol

Setelah bahan dan alat tersedia, langkah selanjutnya yaitu mencampurkan air suling dan alkohol. Perbandingan bahan tersebut cukup 1:4. Pastikan semua kedua bahan tersebut tercampur secara homogen

Tambahkan minyak esensial

Bahan yang membuat pengharum ruangan wangi yaitu minyak esensial. Anda bisa menambahkan minyak tersebut sebanyak 10 tetes saja. Jenis minyak esensial yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera.

Baca juga: Cara Membuat Pengharum Ruangan yang Lebih Wangi dan Tahan Lama

Masukkan larutan pengharum ruangan ke dalam botol semprot

Tahap terakhir dalam pembuatan pengharum ruangan yaitu memasukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Nantinya, Anda bisa menyemprotkan pengharum tersebut saat dibutuhkan.

Apakah pengharum ruangan buatan sendiri aman digunakan?

Salah satu hal yang sering dipertanyakan yaitu terkait keamanan pengharum ruangan yang dibuat sendiri di rumah. Menurut penjelasan di Tru Earth, pengharum ruangan tersebut cukup aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Sementara itu, pengharum ruangan yang dijual di pasaran umumnya mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Sedangkan jika membuatnya sendiri, maka Anda bisa menggunakan pewangi alami seperti dari kopi atau bunga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com