Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Pengharum Ruangan Sendiri dengan Mudah

Pewangi ruangan sebenarnya mudah didapatkan karena banyak dijual di supermarket. Akan tetapi, terkadang kita tidak cocok dengan pengharum ruangan yang dijual di pasaran.

Jika demikian, salah satu solusinya yaitu membuat pengharum ruangan sendiri yang bisa disesuaikan dengan selera. Ternyata, cara membuat pengharum ruangan tidak sulit.

Dikutip dari Real Homes, Senin (4/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Campurkan air suling dengan alkohol

Setelah bahan dan alat tersedia, langkah selanjutnya yaitu mencampurkan air suling dan alkohol. Perbandingan bahan tersebut cukup 1:4. Pastikan semua kedua bahan tersebut tercampur secara homogen

Tambahkan minyak esensial

Bahan yang membuat pengharum ruangan wangi yaitu minyak esensial. Anda bisa menambahkan minyak tersebut sebanyak 10 tetes saja. Jenis minyak esensial yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera.

Masukkan larutan pengharum ruangan ke dalam botol semprot

Tahap terakhir dalam pembuatan pengharum ruangan yaitu memasukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Nantinya, Anda bisa menyemprotkan pengharum tersebut saat dibutuhkan.

Apakah pengharum ruangan buatan sendiri aman digunakan?

Salah satu hal yang sering dipertanyakan yaitu terkait keamanan pengharum ruangan yang dibuat sendiri di rumah. Menurut penjelasan di Tru Earth, pengharum ruangan tersebut cukup aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Sementara itu, pengharum ruangan yang dijual di pasaran umumnya mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Sedangkan jika membuatnya sendiri, maka Anda bisa menggunakan pewangi alami seperti dari kopi atau bunga.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/04/154856176/cara-membuat-pengharum-ruangan-sendiri-dengan-mudah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke