Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Anggur di Pot, Cocok untuk Lahan Sempit

Kompas.com - 03/09/2023, 16:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Anggur merupakan salah satu buah yang banyak disukai. Selain rasanya yang enak, budidaya tanaman anggur juga relatif mudah.

Bahkan, saat ini tanaman anggur bisa ditanam di lahan sempit menggunakan pot. Cara budidaya ini dikenal dengan istilah tabulampot atau tanam buah dalam pot.

Selain bisa dilakukan di lahan sempit, perawatan tanaman anggur dalam pot juga relatif mudah. Jika ditekuni dengan serius, budidaya buah ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Baca juga: Cara Menanam Anggur dari Bijinya, Mudah Dilakukan di Rumah

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (3/9/2023), berikut ini cara menanam anggur di pot dengan mudah.

Ilustrasi menanam anggur di polybag/pot, pohon anggur di polybag/pot. SHUTTERSTOCK/KING SHOOT Ilustrasi menanam anggur di polybag/pot, pohon anggur di polybag/pot.

Siapkan pot

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menanam anggur yaitu menyiapkan pot yang akan digunakan. Tanaman anggur membutuhkan pot dengan diameter 30 cm, tinggi 30 cm, atau lebih besar.

Semakin besar potnya, maka semakin banyak media tanam yang digunakan. Selain ukuran pot, hal lain yang perlu diperhatikan saat menyiapkan pot tanam yaitu pastikan bagian bawah pot berlubang sebagai saluran drainase.

Menyiapkan media tanam

Jenis media tanam yang digunakan harus gembur, subur, dan memiliki pH netral. Media tanam yang biasanya digunakan untuk menanam anggur yaitu campuran tanah merah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:2.

Baca juga: 5 Langkah Menanam Anggur di Kebun Rumah

Kebutuhan unsur hara makro dan mikro bisa tercukupi dengan cara menambahkan pupuk NPK media tanam sebanyak 2 hingga 3 sendok makan dalam 10 liter media tanam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com