Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2023, 13:14 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Siti Nur Aeni

Tim Redaksi

Sumber All Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan ruangan pribadi untuk bersantai, beristirahat, serta memulihkan diri. Karena itu, kamar tidur perlu ditata dan didekorasi senyaman mungkin sehingga lebih nyaman saat ditempati. 

Untuk membuat kamar tidur nyaman, teradapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan, seperti pencahayaan dan material. Selain itu, penting pula menjaga ruangan tetap rapi dengan menyediakan ruang penyimpanan yang memadai.

Dikutip dari All Modern, Minggu (3/9/2023), berikut sejumlah cara mendekorasi kamar tidur agar nyaman.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Dinding Kamar Tidur

Gunakan warna kayu yang hangat

Ilustrasi kamar tidur bernuansa kayu alamiShutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur bernuansa kayu alami

Warna kayu bisa memberikan bernuansa hangat pada kamar tidur. Ciptakan desain interior yang nyaman dengan tempat tidur, nakas, lemari aksen, hingga dresser kayu.

Lengkapi lantai kayu atau dinding berpanel kayu dengan furnitur kayu yang memiliki finishing serupa.

Padukan tekstur

Cara mendekorasi kamar tidur selanjutnya yaitu dengan memadukan tekstur yang berbeda untuk untuk menambah kenyamanan kamar. Anda bisa menggunakan bantal bertekstur, selimut anyaman, karpet berumbai, hingga aksen beludru yang hangat.

Maksimalkan tektstur di kamar tidur dengan headboard berumbai atau cobalah headboard dengan pola menarik untuk menambah dimensi visual.

Gunakan material alami

Untuk meningkatkan kenyamanan dalam kamar tidur, Anda bisa menggunakan elemen dekorasi dari bahan-bahan alami seperti wol, kulit, katun, dan linen.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Abu-abu

 

Sebagai contoh, pilih seprai katun lembut untuk kehangatan maksimal atau selimut linen yang besar. Anda juga menambahkan karpet kombinasi wol dan katun.

Kemudian, tambahkan kursi aksen yang dilapisi kulit untuk menyatukan tampilan ruangan.

Gunakan warna-warna netral

Berikan kamar tidur Anda tampilan segar dan bersih dengan menggunakan warna-warna netral seperti putih, krem, ivory, abu-abu, atau beige. Mulailah dengan dinding putih hangat atau dingin untuk furnitur dan dekorasi utama.

Lengkapi tempat tidur berwarna krem dengan furnitur kayu terang dan nuansa krem. Kemudian, tambahkan selimut oranye untuk menambahkan warna menarik sekaligus menghangatkan.

Jika ingin kamar yang bernuansa sejuk, tambahkan seprai dan bantal abu-abu muda. Kemudian, berikan aksen pada dengan warna biru kobalt, teal gelap, atau ungu dalam nuansa lavender terang.

Ilustrasi wallpaper di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi wallpaper di kamar tidur.

Hiasi dinding kamar dengan wallpaper

Pasang wallpaper pada satu atau beberapa sisi dinding untuk menciptakan kesan nyaman di kamar tidur. Sebagai contoh, pilih wallpaper dengan desain bunga yang menyenangkan atau pola abstrak untuk menambahkan estetika pada ruangan.

Baca juga: Cara Melepas Wallpaper tanpa Merusak Dinding

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com