Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2023, 11:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Balkon adalah teras yang berada di lantai atas. Balkon dapat membuat area rumah terasa lebih besar.

Selain itu, keberadaan balkon juga memungkinkan penghuni rumah untuk menghabiskan waktu di luar ruangan tanpa harus keluar dari rumah. Balkon tak hanya sebagai pelengkap hunian, namun memiliki fungsi tersendiri.

Dilansir dari Balcony Guide, Minggu (3/9/2023), berikut ini beberapa fungsi balkon rumah yang jarang diketahui.

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Menarik

Membuat rumah menjadi lebih luas

Salah satu cara untuk membuat rumah terasa lebih luas yaitu dengan membuat balkon di lantai atas. Nantinya balkon tersebut bisa digunakan sebagai ruang bersantai, tempat bermain anak, atau untuk menyimpan beberapa barang.

Ilustrasi balkon, balkon rumah.SHUTTERSTOCK/CINEMATOGRAPHER Ilustrasi balkon, balkon rumah.

Communal space

Balkon bisa juga dimanfaatkan sebagai communal space. Keluarga atau teman-teman yang datang ke rumah bisa diajak ke balkon untuk duduk santai sembari menikmati udara yang segar.

Maka dari itu, sebaiknya balkon didekorasi dengan indah agar cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai.

Ruang penyimpanan

Fungsi balkon lainnya yaitu sebagai tempat penyimpanan barang. Apabila memiliki rumah yang sempit, maka salah satu cara agar rumah tetap terasa luas yaitu dengan memaksimalkan penggunaan setiap ruangan.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Menarik

Hal tersebut juga berlaku pada balkon yang ada di lantai atas. Area tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa perabotan rumah seperti kursi, meja, atau barang-barang lain yang tidak bisa disimpan di dalam rumah.

Dengan demikian, area dalam rumah menjadi lebih luas dan Anda bisa leluasa bergerak tanpa terhalang oleh barang-barang.

Menjaga sirkulasi udara dalam ruangan

Udara yang segar menjadi hal yang penting untuk dijaga. Maka dari itu, saat membangun rumah sangat penting untuk memperhatikan jalan keluar-masuk udara.

Salah satu cara untuk menjaga sirkulasi udara dalam ruangan yaitu dengan membuat balkon di lantai atas. Cukup dengan membuka pintu balkon, maka udara dari dalam rumah akan bertukar dengan udara dari luar yang membuat udara menjadi lebih segar.

Ilustrasi menanam sayuran di rumah.SHUTTERSTOCK/VIDU GUNARATNA Ilustrasi menanam sayuran di rumah.

Area berkebun

Jika Anda tinggal di tempat padat penduduk, maka tempat yang paling tepat untuk bercocok tanam yaitu area balkon. Di tempat ini, Anda bisa menempatkan pot berisi tanam sayur, buah, atau bunga.

Baca juga: 8 Cara Menciptakan Taman di Balkon Rumah

Selain membuat rumah menjadi asri, sayur dan buah yang ditanam juga bisa dipanen dan dinikmati bersama dengan keluarga.

Membuat rumah lebih menarik

Fungsi balkon lainnya yaitu bisa menambah nilai seni dari rumah tersebut. Anda bisa mendekorasi balkon rumah sesuai dengan keinginan dan menambahkan beberapa elemen dekorasi yang akan membuat balkon terlihat lebih indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com