Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Abai, Ini 7 Area Kamar Mandi yang Kerap Lupa Dibersihkan

Kompas.com - 07/08/2023, 07:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa kamar mandi menjadi ruangan yang kerap dipenuhi kuman dan bakteri di rumah.

Hal itulah yang membuat banyak orang menghabiskan waktu dan perhatian ekstra untuk memastikan kamar mandi mereka tetap bersih. 

Baca juga: Cermin Tidak Boleh Menghadap Pintu Kamar Mandi, Kenapa?

Namun, terlepas dari upaya membersihkan kamar mandi secara rutin, ada beberapa area dan benda yang biasanya terlewatkan menurut para ahli kebersihan. Maka itu, penting mengertahui area mana saja agar kamar mandi bersih maksimal.

Nah, dikutip dari The Spruce, Senin (7/8/2023), berikut tujuh benda kamar mandi yang kerap lupa dibersihkan

Shower air 

Ilustrasi shower uap.Shutterstock/beeboys Ilustrasi shower uap.
Kemungkinan besar Anda membersihkan dasar shower air secara teratur, tapi mungkin tidak terlalu memperhatikan pancurannya.

Karina Toner, Manajer Operasi di Spekless Cleaning yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat, seiring waktu, endapan mineral dari air sadah dapat menumpuk di dalam shower, yang menyebabkan berkurangnya tekanan air dan berpotensi menyemprotkan penumpukan residu saat Anda mandi. 

"Untuk mencegah hal ini terjadi, penting merendam shower dalam campuran cuka dan air secara semi-reguler, katanya.

Cara melakukan adalah mencampurkan larutan cuka dan air dengan perbandingan sama, lalu masukkan ke kantong plastik, buka tutup kepala shower, dan biarkan terendam di dalam kantung selama 30 menit.

Setelah itu, lepaskan kantong plastik, gunakan sikat berbulu lembut untuk menggosok sisa endapan yang ada, lalu pasang kembali ke shower. 

Baca juga: 4 Lokasi Terbaik Memasang Exhaust Fan Kamar Mandi agar Maksimal

Tirai dan pelapis kamar mandi

Selanjutnya, benda kamar mandi yang kerap lupa dibersihkan adalah tirai dan pelapis kamar mandi. Tirai shower dan pelapis tirai mudah dilupakan saat membersihkan kamar mandi secara rutin, tetapi keduanya harus dimasukkan ke daftar pembersihan.

Jika dilupakan, tirai dan pelapis shower dapat menumpuk kotoran sabun serta jamur dari waktu ke waktu yang dapat menyebabkan kamar mandi berbau apak.

"Sebagian besar tirai mandi kain dapat dicuci dengan mesin bersama dengan handuk kamar mandi lainnya, yang membuatnya menjadi tugas bagus untuk dilakukan padaawal setiap pembersihan," ucap Toner.

Pelapis tirai kamar mandi dapat dibersihkan di tempat atau diganti seluruhnya secara teratur, tergantung jenis yang Anda miliki. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Harum dan Segar Layaknya Tempat Spa

Garis-garis nat keramik 

Ilustrasi noda hitam atau jamur hitam pada nat keramik kamar mandi.SHUTTERSTOCK/VICHIE81 Ilustrasi noda hitam atau jamur hitam pada nat keramik kamar mandi.
Menggosok garis-garis nat keramik merupakan salah satu hal terakhir yang terlintas dalam pikiran saat membersihkan kamar mandi.

Tak heran, nat keramik sering kali sangat kotor dan berubah warna, yang membuatnya sulit dibersihkan.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com