Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Kaus Kaki Putih yang Kotor Tanpa Pakai Pemutih

Kompas.com - 01/08/2023, 11:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaus kaki adalah jenis pakaian paling umum yang sering menampung noda yang terbukti sulit dihilangkan, terutama jika warnanya putih. Namun, ada cara mencuci kaus kaki putih yang kotor agar putih kembali seperti baru.

Dikutip dari Express UK, Selasa (1/8/2023), kebanyakan orang akan memiliki setidaknya sepasang kaus kaki putih pudar atau bernoda yang bersembunyi di laci pakaian. Kaus kaki putih yang bersih pasti akan kehilangan pesonanya.

Untungnya, ada cara membersihkan kaus kaki putih yang sangat kotor agar kembali putih tanpa perlu menggunakan pemutih. Dalam halaman Facebook Mrs Hinch Cleaning Tips and Trick, sejumlah pengguna menyarankan penggunaan soda cuci.

Baca juga: Mencuci Handuk dan Seprai Bersamaan, Boleh atau Tidak?

 

Ilustrasi kaus kaki putih yang kotor. SHUTTERSTOCK/GORLOFF-KV Ilustrasi kaus kaki putih yang kotor.

Rendam kaus kaki putih yang kotor semalaman di dalam air yang telah dicampur soda cuci. Kemudian, cuci kaus kaki seperti biasa.

Anda juga bisa mencuci kaus kaki dengan soda cuci di wastafel atau ember sebelum dicuci. Itu membuat kaus kaki putih jauh lebih bersih daripada hanya mencuci karena mengangkat kotoran.

Cara lainnya, rendam kaus kaki dalam wadah berisi air dingin untuk mengendurkan kotoran, lalu cuci dengan soda cuci.

Meskipun bukan bahan pemutih, bahan ini bagus untuk menghilangkan noda. Soda cuci bertindak sebagai penghilang noda dan pelembut air yang kuat saat mencuci dengan tindakan memutihkan yang lembut.

Baca juga: 5 Produk Mencuci Pakaian yang Harus Dimiliki di Orang

Anda dapat menambahkannya ke deterjen biasa atau menggunakannya sebagai langkah prapencucian. Menggunakan soda cuci dalam pencucian tidak hanya membersihkan dan memutihkan pakaian, tetapi juga membersihkan mesin cuci.

Soda cuci menghilangkan kotoran dan membersihkan bakteri dari mesin cuci sehingga pakaian tidak berbau tidak sedap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com