Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gravel Borongan, Solusi Wujudkan Rumah Impian untuk Generasi Milenial

Kompas.com - 28/07/2023, 17:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah menjadi impian banyak orang, termasuk generasi milenial. Sayangnya, sebagian besar milenial di Indonesia belum mampu mewujudkan mimpi untuk memiliki rumah sendiri.

Data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengungkapkan sekitar 31 persen generasi milenial Indonesia atau setara 81 juta jiwa masih belum memiliki rumah. 

Baca juga: Gravel Maintenance, Solusi Perbaikan Rumah Tanpa Ribet dan Berkualitas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan generasi milenial sulit memiliki rumah. Mulai dari, belum siap secara finansial, pengeluaran konsumsi yang terlalu tinggi, kenaikan harga hunian yang tidak sejalan dengan kenaikan pendapatan atau gaji, hingga minimnya pengetahuan mengenai proses pembangunan rumah. 

Di sisi lain, apabila sudah memiliki tanah, biaya membangun rumah bisa sama mahalnya dengan membeli rumah jadi, bahkan dapat lebih mahal, tergantung konsep atau desain hunian yang dipilih. 

Namun, tak perlu khawatir, ada banyak solusi yang bisa diambil untuk membangun rumah impian. 

Gravel—perusahaan teknologi yang bergerak di bidang konstruksi—menghadirkan solusi bagi generasi milenial yang ingin membangun rumah melalui layanan Gravel Borongan

Baca juga: Jaga Kondisi Rumah dengan Layanan Gravel Maintenance Sebelum Mudik

Ilustrasi merenovasi rumah.Shutterstock/Jaruwan Jaiyangyuen Ilustrasi merenovasi rumah.
Gravel Borongan adalah layanan proyek konstruksi pembangunan atau renovasi dengan kesepakatan nilai proyek dan waktu kerja tertentu.

Cakupan pekerjaannya meliputi persiapan rancang bangun hingga proses eksekusinya. Semua proses ini mengikuti kebutuhan dan budjet pelanggan.

Fredy Yanto, Co-Founder dan Chief Product Officer Gravel, menjelaskan layanan Gravel Borongan ini memudahkan klien. Klien cukup membawa visi rumah mereka ingin dirancang seperti apa.

"Lewat Gravel Borongan, bisa mewujudkan visi tersebut dengan biaya dan waktu yang disepakati bersama. Tukang bangunan dan bahan bangunan kami sediakan, RAB kita ajukan, setelah disetujui langsung kita eksekusi,” ucap Fredy dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (28/7/2023). 

Baca juga: Sebaiknya Pilih Tukang Harian atau Borongan untuk Merenovasi Rumah?

Georgi Ferdwindra Putra, Co-Founder dan Chief Executive Officer Gravel, menambahkan Gravel Borongan saat ini menjadi layanan yang paling diminati kalangan milenial dari layanan dua layanan lainnya,  yakni Gravel Maintance dan Gravel Construction. 

Sejak diluncurkan hingga pertengahan 2023, Gravel Borongan sudah menyelesaikan lebih dari 100 proyek hunian untuk milenial di berbagai kota di Indonesia.

Prosesnya tidak sulit, pengerjaannya terarah, dan klien juga dapat memantau progresnya secara langsung. "Ini yang mungkin teman-teman milenial lihat sebagai solusi tepat untuk mewujudkan impian rumah mereka,” imbuh Georgi. 

Tak hanya itu, Gavel Borongan memberikan kejelasan anggaran biaya dan proses pembangunan yang transparan dan terarah sejak awal. 

Baca juga: 6 Mitos Merenovasi Rumah yang Tidak Perlu Dipercaya 

Dengan begitu, klien tidak perlu lagi merasa bingung mengenai berapa biaya dan tenaga pekerja yang dibutuhkan untuk membangun hunian idaman. 

Kehadiran layanan Gravel Borongan ini sangat membantu kaum milineal yang awam tentang konstruksi, seperti biaya tukang, bahan bangunan yang digunakan, estimasi pengerjaan, serta drama tukang lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com