Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mendekorasi Ruang Keluarga untuk Memperoleh Feng Shui Baik

Kompas.com - 27/07/2023, 13:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah sebuah konsep yang berasal dari Tiongkok kuno Feng shui biasa digunakan dalam hal yang berkaitan dengan energi dan pengaturan di rumah untuk membuat Anda merasa nyaman serta menjalani kehidupan yang seimbang. 

Di rumah, biasanya feng shui diterap di sejumlah ruangan, salah satunya ruang keluarga. Dalam feng shui, tujuan utama mendekorasi ruang keluarga adalah menciptakan ruang yang tidak hanya praktis, tetapi juga memancarkan cahaya dan energi kuat. 

Baca juga: 5 Cara Menata Sofa Abu-abu di Ruang Keluarga

Mendesain ruang keluarga yang indah dan praktis membutuhkan keinginan untuk mendekorasi, sedikit perencanaan, serta ketekunan

Untuk membantu Anda, berikut cara mendekorasi ruang keluarga untuk memperoleh feng shui baik dilansir dari My Decorative, Kamis (27/7/202).

Biarkan cahaya dan udara masuk

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/ParvinMaharramov Ilustrasi ruang keluarga.
Salah satu cara utama memperkenalkan feng shui di ruang keluarga adalah memastikan ruang keluarga mendapatkan udara dan cahaya alami sebanyak mungkin.

Cahaya dan udara alami adalah dasar dari energi feng shui yang hebat dan Anda bisa mendapatkannya dengan beberapa cara.

Misalnya, jika ruangan memiliki jendela kecil, gunakan cermin untuk membawa lebih banyak cahaya alami dan lapisan untuk pencahayaan dalam ruangan.   

Baca juga: 6 Ide Tata Letak Ruang Keluarga yang Tak Lekang Waktu

Pencahayaan berlapis berarti menciptakan beberapa tingkat cahaya. Selain menambahkan lampu plafon, tambahkan juga beberapa lampu meja atau lampu lantai.

Membatasi pilihan pencahayaan ruang tamu keluarga hanya pada plafon atau lampu lantai akan menciptakan energi feng shui yang berpotensi menekan.

Udara segar memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan. Selain membuka jendela, gunakan diffuser aromaterapi berkualitas dan minyak esensial murni berkualitas yang terkenal dengan kekuatan penyembuhannya.

Sebaliknya, pencahayaan buruk dan udara pengap adalah musuh terbesar feng shui baik. Buat getaran feng shui positif melalui udara dan cahaya yang berkualitas. 

Baca juga: 8 Ide Ruang Keluarga yang Nyaman dan Menyenangkan

Skema warna

Ilustrasi ruang keluarga kecil bergaya minimalis.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga kecil bergaya minimalis.
Selanjutnya, cara mendekorasi ruang keluarga untuk memperoleh feng shui baik adalah memperhatikan skema warna.

Warna memiliki dampak signifikan terhadap suasana hati dan elemen penting untuk feng shui yang tepat karena setiap warna merupakan ekspresi dari komponen feng shui tertentu.

Memilih skema dekorasi feng shui yang tepat untuk ruang keluarga membutuhkan usaha. Tempat terbaik memulainya adalah membuat peta energi feng shui rumah.  

Baca juga: 6 Ide Memanfaatkan Sudut di Ruang Keluarga

Gunakan peta energi feng shui bagua

Bagua adalah peta energi feng shui rumah. Ini bisa menjadi cara mendekorasi ruang keluarga untuk memperoleh feng shui baik. Anda harus terlebih dahulu menentukan bagua rumah Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com