Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Ruang Keluarga yang Panjang dan Sempit

Kompas.com - 02/06/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerja dengan ruang kecil bisa jadi sulit dalam hal desain interior. Hal ini terutama terjadi ketika ruang keluarga berbentuk panjang dan sempit.

Sulit menghindari tampilan efek terowongan yang dapat menciptakan dampak negatif pada keterbukaan ruang tersebut. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Titik Fokus di Ruang Keluarga

Jika ingin mengubah ruang keluarga yang panjang dan sempit dengan sentuhan kenyamanan, ada beberapa trik yang bisa dicoba untuk menciptakan suasana ramah.

Beberapa penyesuaian tata letak mungkin diperlukan jika ingin menghilangkan efek visual yang tampan seperti gerbonbg kereta api.

Terlepas dari apa yang dipikirkan kebanyakan orang, mengubah tampilan ruang keluarga yang panjang dan sempit adalah hal mungkin jika mengikuti kiat-kiat berikut ini.

Terlepas dari ruang yang tersedia, berikut cara mendekorasi ruang keluarga yang panjang dan sempit serta menyiasati keterbatasan untuk mendapatkan tampilan memuaskan dilansir dari Rhythm of the Home, Jumat (2/6/2023).  

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Keluarga yang Harus Diketahui Pemilik Rumah

Ciptakan area tempat duduk

Ilustrasi ruang keluarga panjang dan sempit.Shutterstock/TZIDO SUN Ilustrasi ruang keluarga panjang dan sempit.
Trik sederhana yang dapat digunakan untuk menghindari efek arena bowling adalah menciptakan area tempat duduk yang nyaman di tengah ruangan dengan menjauhkan perabot dari dinding.

Ini adalah solusi menciptakan suasana lebih nyaman dan ramah. Namun, berhati-hati saat membuat pengaturan furnitur di ruang keluarga yang panjang dan sempit.

Sangat penting menjaga kesan terorganisir dengan memaksimalkan penggunaan ruang semaksimal mungkin.

Jangan lupa membuat jalur seperti jalan setapak di dalam ruangan agar terasa seimbang dengan area tempat duduk yang dapat menjadi pusat perhatian. 

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Ruang Keluarga yang Santai dan Nyaman

Buat zona fokus berbeda

Menentukan area yang terpisah merupakan cara mendekorasi ruang keluarga yang panjang dan sempit. Ini bisa menciptakan gaya dekorasi yang harmonis. 

Zona berbeda dalam ruangan yang sama dapat memiliki efek pembesaran untuk membuat seluruh area tampak lebih besar dari sebenarnya.

Disarankan membuat rencana yang baik tentang bagaimana area yang terpisah akan digunakan. Anda bisa mengintegrasikan ruang kerja kecil bersama dengan area percakapan selama ruang keluarga yang sempit cukup luas.

Pastikan saja zona berbeda dibagi lebih jelas. Karpet area bisa sangat berguna untuk tujuan ini sekaligus berkontribusi pada keseluruhan tampilan ruangan berkat potensi dekoratifnya. 

Baca juga: 6 Jenis Meja Kopi yang Dapat Mempercantik Ruang Keluarga

Gunakan cat  

Ilustrasi cat dinding.Shutterstock/Efetova Anna Ilustrasi cat dinding.
Ruang keluarga yang panjang dan sempit sering kali membuat beberapa detail arsitektur menjadi lebih terlihat. Contohnya, papan skirting putih akan terlihat lebih menonjol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com