Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini 5 Cara Memilih Sofa untuk Ruang Keluarga Kecil

Kompas.com - 21/03/2023, 11:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang keluarga kecil menjadi tantangan sendiri dalam menata dan menempatkan furnitur di dalamnya, salah satunya sofa.

Sofa menjadi furnitur penting di ruang keluarga. Sofa tidak hanya menjadi tempat nyaman untuk bersantai, tapi juga memberikan kepribadian pada ruangan dan sebagian besar menentukan gaya.

Karena itu, perlu mempertimbangkan warna, bentuk, material, dan ukuran sebelum membeli sofa impian, khususnya di ruang keluarga kecil.  

Baca juga: 7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Ruang Keluarga Terlihat Murahan

Jenis sofa yang paling cocok untuk ruang keluarga kecil? 

Ilustrasi ruang keluarga kecilShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil
Ukuran sofa adalah bagian penting saat mendekorasi ruang keluarga kecil. Ingatlah, sofa tidak boleh memenuhi seluruh dinding, tetapi harus menyisakan sekitar 50 sentimeter di setiap sisi agar ruang dapat bernapas.

Jika ruang keluarga sangat kecil, cara terbaik adalah memilih sofa dengan dua tempat duduk. Ukuran ini berkisar antara 160 dan 180 sentimeter, termasuk sandaran tangan yang tidak terlalu lebar karena memakan banyak ruang. 

Dilansir dari Decor Tips, Selasa (21/3/2023), berikut cara memilih sofa untuk ruang keluarga kecil. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Sofa Suede

Gunakan kursi berlengan 

Memiliki kursi berlengan di ruang keluarga merupakan keuntungan dalam melengkapi area tempat duduk. Kursi ini nyaman dan fungsional dan ada yang berukuran kecil.

Kursi berlengan menjadi tempat duduk tambahan untuk melengkapi dan memberikan sentuhan desain pada ruang keluarga kecil.   

Buat sofa selaras 

Jika memilih menambahkan sofa dan kursi tambahan, pastikan semuanya selaras mungkin. Artinya, jika kursi berlengan memiliki garis-garis membulat, perabotan lainnya harus konsisten.

Dengan cara ini, akan memberikan perasaan jauh lebih seimbang, seolah-olah itu adalah teka-teki yang pas. Hal ini akan membuat ruang keluarga kecil tampak lebih luas. 

Baca juga: 5 Tanda Perlu Mengganti Sofa Baru, Apa Saja?

Pilih sofa berwarna terang

Ilustrasi ruang keluarga kecil, ilustrasi ruang kecil, ilustrasi ruang santai. Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil, ilustrasi ruang kecil, ilustrasi ruang santai.
Ruang kecil membutuhkan dekorasi minimalis dengan warna-warna terang, jadi saat memilih sofa untuk ruang keluarga kecil, disarankan mengikuti prinsip-prinsip ini.

Pilih sofa dengan kain pelapis berwarna terang, cerah, serta berwarna netral untuk memberikan kesan lapang di ruangan.

Jika memiliki anak-anak di rumah, carilah material sofa yang antinoda yang membantu menjaganya tetap dalam kondisi baik serta tahan lama. 

Baca juga: Sofa Tidak Boleh Berhadapan dengan Pintu, Mengapa?

Gunakan sofa sudut 

Sofa sudut dianggap tidak cocok untuk ruang keluarga kecil karena terlalu besar. Hal ini tidak selalu demikian! 

Jika denah lantai Anda berbentuk persegi, sofa sudut dapat menjadi solusi tepat untuk ruang keluarga kecil. Dengan demikian, semuanya akan terasa lebih menyatu dan Anda bisa menghindari keharusan memiliki perabot tambahan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com