Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2023, 09:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang bisa meremehkan betapa pentingnya sofa dalam desain interior. 

Sofa merupakan dasar dari palet desain ruang keluarga, tempat berkumpul keluarga untuk menikmati waktu berkualitas dan tempat yang nyaman untuk beristirahat setelah hari yang panjang. 

Baca juga: Sofa Tidak Boleh Berhadapan dengan Pintu, Mengapa?

Sayangnya, sofa dirancang tidak bertahan selamanya. Bahkan sofa yang berkualitas pun akan mengalami kerusakan. Usia rata-rata sofa antara tujuh hingga 15 tahun.

Namun, bagaimana mengetahui bahwa usia sofa sudah berakhir? Apakah sofa sudah tidak sesuai lagi dengan gaya atau ruangan atau sudah tidak layak pakai?

Ada banyak tanda yang menunjukkan sofa sudah tidak lagi layak digunakan. Sejumlah ahli membagikan beberapa tanda sudah waktunya mengganti sofa baru dilansir dari The Spruce, Rabu (8/3/2023). 

Baca juga: 5 Cara Membuat Sofa di Ruang Tamu Tampak Mewah 

Sofa tidak lagi berfungsi sesuai kebutuhan

Ilustrasi sofa, sofa modular di ruang tamu sempit. PEXELS/RACHEL CLAIRE Ilustrasi sofa, sofa modular di ruang tamu sempit.
Sofa digunakan untuk tempat duduk. Namun, ada beberapa orang menggunakannya untuk tempat tidur dan anak-anak yang melompat di sofa. 

Tentu saja, ini membuat sofa tidak lagi berfungsi sebagai mestinya atau sesuai kebutuhan. 

"Pengaturan tempat duduk yang dulunya cocok untuk oasis Anda sendiri sekarang menjadi permainan strategi, bagaimana agar semua orang bisa duduk dengan nyaman untuk menonton film bersama keluarga," ujar Miona Mijic, perancang senior Valyou Furniture.

Sebagai solusi, bila menginginkan sofa yang tidak hanya untuk duduk, pertimbangkan meningkatkan ke sofa sectional atau modular untuk mengakomodasi kebutuhan serbaguna rumah tangga Anda yang semakin besar. 

Baca juga: 4 Posisi Terbaik Meletakkan Sofa di Ruang Keluarga Menurut Feng Shui 

Tidak lagi nyaman

Tujuan utama dari sofa adalah menyediakan tempat yang nyaman untuk duduk santai, mengangkat kaki, dan menikmati film keluarga.

Jika mendapati punggung Anda pegal setelah duduk di sofa, inilah menjadi tanda perlu mengganti sofa baru

Andrea Rathborne, Direktur Kreatif Desain Produk Article, menyarankan bertanya pada diri Anda sendiri. "Apakah sofa membuat Anda ingin duduk berjam-jam-atau berhari-hari? Apakah ada benjolan pada bantalan kursi, rangka atau kaki yang patah, dan tempat duduk yang tidak rata?."  

Tidak ada yang menyukai bantal sofa yang bergelombang dan tidak rata, tetapi pertimbangkan juga apakah rangka keseluruhannya cocok untuk Anda. 

Jika lengannya terlalu lebar, dudukannya terlalu dalam (atau tidak cukup dalam), atau sandarannya terlalu tegak, semua itu akan membuat pengalaman duduk di sofa tidak nyaman. 

Baca juga: Mana Lebih Baik, Warna Sofa Lebih Tua atau Muda dari Warna Dinding?

Mendengar suara berderak

Ilustrasi sofa di ruang tamu. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi sofa di ruang tamu.
Jenon Bailie, Direktur Merchandising dan Desain di Room & Board, mengatakan sofa yang mengeluarkan suara retakan atau letupan adalah tanda bahwa rangka kayu sofa atau pegas atau anyaman di dek tempat duduk terganggu. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com