Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 6 Keuntungan Menggunakan Air Fryer di Dapur

Kompas.com - 08/03/2023, 08:09 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air fryer menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang semakin populer beberapa tahun belakang ini dan banyak digunakan di dapur.  

Air fryer berfungsi memasak atau menggoreng berbagai makanan dengan lebih cepat serta praktis tanpa menggunakan minyak. 

Baca juga: Perbedaan Air Fryer dan Deep Fryer, Jangan Sampai Keliru

Walhasil, makanan yang dihasilkan lebih sehat dibanding menggoreng manual atau tradisional yang masih memakai minyak goreng. 

Michael Murdy, seorang ilmuwan makanan, koki, dan pendiri Robust Kitchen, mengatakan air fryer adalah metode memasak yang relatif baru dan telah mendapatkan popularitas di kalangan individu yang sadar akan kesehatan untuk menyiapkan makanan yang digoreng tanpa tambahan lemak dan kalori. 

"Memiliki air fryer di dapur adalah investasi berharga bagi siapa pun, terlebih mereka yang ingin menikmati rasa dan tekstur makanan yang digoreng tanpa masalah kesehatan," ucapnya. 

Tak heran, sejumlah ahli membagikan beberapa keuntungan memiliki air fryer di dapur seperti dikutip dari Woman and Home, Rabu (8/3/2023). 

Baca juga: Jangan Masukkan Wadah Plastik ke Air Fryer, Kenapa?

Hasil masakan lebih sehat 

Ilustrasi air fryer, memasak dengan air fryer. SHUTTERSTOCK/BUBBERS BB Ilustrasi air fryer, memasak dengan air fryer.
Salah satu klaim terbesar dari menggunakan air fryer adalah menghasilkan makanan yang lebih sehat. Hal ini karena air fryer membutuhkan lebih sedikit minyak untuk memasak daripada metode memasak lainnya.

"Anda hampir tidak perlu menggunakan minyak untuk memasak dengan air fryer," jelas Jennifer Bedloe, Direktur Makanan Grup di Woman and Home.

"Namun, untuk hasil lebih lezat, Anda bisa menambahkan sedikit minyak. Cukup taburkan sedikit minyak pada ayam atau sayuran dengan bumbu." 

Baca juga: Langkah-langkah Memakai Air Fryer untuk Pemula

Senada dengan Jennifer, Michael setuju bahwa salah satu keuntungan menggunakan air fryer yang utama adalah cara memasak yang lebih sehat.

Tidak seperti menggoreng biasa yang melibatkan perendaman makanan dalam minyak panas, air fryer menggunakan udara panas untuk bersirkulasi di sekitar makanan, memasaknya hingga berwarna cokelat keemasan yang renyah.

"Metode ini dapat secara signifikan mengurangi jumlah minyak yang digunakan dalam memasak, menghasilkan makanan lebih sehat dan lebih ringan," kata Michael. 

Faktanya, penelitian menunjukkan menggoreng dengan air fryer dapat mengurangi kandungan lemak pada makanan yang digoreng hingga 75 persen. 

Baca juga: Jangan Memasukkan Piring Kertas ke Air Fryer, Ini Sebabnya 

Pilihan memasak yang bervariasi 

Ilustrasi air fryer. SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H Ilustrasi air fryer.
Ada lebih banyak hal yang dapat dilakukan air fryer meski ukurannya kecil. Seperti halnya memanggang, merebus, atau mengukus makanan menggunakan oven, air fryer juga menawarkan berbagai fungsi memasak yang berbeda di satu tempat. 

"Beberapa model dilengkapi dengan program memasak yang telah diatur sebelumnya yang memungkinkan pengguna memasak berbagai macam makanan, termasuk ayam, ikan, sayuran, bahkan makanan yang dipanggang," jelas Michael.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com