Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2023, 12:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Halaman rumah tidak hanya tempat untuk menanam berbagai macam tanaman, namun juga bisa menjadi tempat untuk bersantai bersama keluarga. Akan tetapi, aktivitas ini bisa terganggu dengan adanya tawon.

Dikutip dari Ideal Home, Sabtu (22/7/2023), halaman rumah bisa menjadi tempat yang menarik bagi tawon, terutama ketika Anda makan di luar ruangan.

Bahkan ketika sinar matahari mengundang, pikiran untuk menghabiskan waktu di luar dan makan dapat dirusak oleh pengunjung yang tidak diinginkan, yakni tawon, kata Daniel Carruthers, pakar di Grow Your Own, Cultivar Greenhouses. 

Baca juga: 10 Tanaman Pengusir Lalat di Dalam dan Luar Rumah

Ilustrasi bunga marigold.SHUTTERSTOCK/MATJOE Ilustrasi bunga marigold.

Ada beberapa tanaman pengusir tawon yang bisa ditanam di halaman rumah, sehingga aktivitas Anda bersantai tidak terganggu oleh serangga ini.

1. Marigold

Daftar teratas tanaman pengusir tawon adalah marigold. Selain bunga kuningnya yang indah, aroma marigold yang kuat menjauhkan tawon.

Tanam marigold dan letakkan di dekat atau ambang jendela. Tawon akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk masuk ke rumah melalui jendela.

2. Eucalyptus

Aroma eucalyptus yang segar mungkin menyenangkan bagi manusia, tetapi para ahli mengatakan bahwa tawon bukanlah penggemarnya. Tawon umumnya tidak menyukai aroma kayu putih yang kuat, tutur Steve Chilton, pakar berkebun di LeisureBench.

Baca juga: Mengenal Vermikulit, Alternatif Media Tanam untuk Tanaman Hias di Pot

Direkomendasikan untuk menanam beberapa tanaman eucalyptus, atau bahkan menempatkan beberapa cabang eucalyptus yang menggantung di dekat area tempat duduk untuk membantu mencegah tawon, jelas dia.

3. Mint

Jika Anda baru saja mempelajari cara menanam mint dari stek, kabar baiknya adalah tawon tidak akan mau mendekat jika Anda menanamnya di halaman rumah. Aroma mint yang segar secara alami akan mencegah hama dan menjauhkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com