Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanaman Pengusir Lalat di Dalam dan Luar Rumah

Kompas.com - Diperbarui 28/12/2023, 15:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat adalah serangga yang kehadirannya tidak diinginkan di rumah. Lalat bisa hinggap di makanan dan permukaan lainnya, menimbulkan beragam penyakit.

Salah satu cara mengusir lalat adalah dengan menggunakan tanaman yang efektif mengusir lalat. Tanaman pengusir lalat tersebut berupa tanaman herbal dan tanaman hias.

Dikutip dari Homes & Gardens, berikut beberapa tanaman pengusir lalat di dalam dan luar rumah.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membasmi Lalat di Rumah

Ilustrasi bunga nasturtium.PIXABAY/OTTO WENNINGER Ilustrasi bunga nasturtium.

1. Nasturtium

Dikenal sebagai tanaman pendamping yang mudah tumbuh, nasturtium tidak hanya akan memenuhi halaman rumah dengan bunga yang bisa dimakan, tetapi juga membantu mengusir lalat.

Berkat konsentrasi tinggi myristicin dan limonene alami di daun dan bunga nasturtium, lalat tidak tahan aroma yang tajam dan sedikit pahit.

Manfaatkan tanaman bunga ini dan tanam nasturtium dalam pot maupun di ambang jendela. Tanaman bunga nasturtium bisa mencapai ketinggian 2,5 meter dan tahan suhu antara minus 5 hingga 15 derajat celcius.

2. Marigold

Marigold memiliki aroma yang kuat dan hadir dalam bunga warna merah, kuning, dan oranye yang mampu membuat lalat menjauh. Bunga-bunga cerah dan indah ini terlihat polos, tetapi akar marigold tumbuh dalam dan agresif, kata tim di Mo Plants.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Lalat Buah di Dapur, Mudah Dilakukan

Akar yang kokoh ini adalah penolak yang sebenarnya. Mereka mengeluarkan bau yang kuat yang mencapai jauh ke dalam tanah, tutur mereka.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com