Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Abai, Ini 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pindah Rumah

Kompas.com - 19/07/2023, 15:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pindah rumah menjadi proses yang tidak mudah, melelahkan, serta memakan banyak waktu. 

Pasalnya, selain menyiapkan hati, ada banyak hal yang harus disiapkan sebelum tiba hari H kepindahan agar semuanya berjalan lancar.  

Baca juga: 7 Cara Mengemas Barang Saat Pindah Rumah Tanpa Merusaknya

Tak jarang, proses pindah rumah kerap membuat pusing dan banyak kesalahan yang dilakukan. Maka itu, penting menyicil pekerjaan sebelum hari kepindahan agar terasa ringan dan memudahkan. 

Untuk membantu proses berjalan lancar, berikut sejumlah hal yang harus dilakukan sebelum pindah rumah agar berjalan lancar dikutip dari The Kitchn, Rabu (19/7/2023). 

Merapikan dan mengatur

Ilustrasi pindah rumah, pindah ke rumah kontrakan.SHUTTERSTOCK/GORODENKOFF Ilustrasi pindah rumah, pindah ke rumah kontrakan.
Ketika telah merapikan dan menata rumah sebelumnya, hal ini akan membuat proses berkemas menjadi lebih mudah.

Dengan hilangnya kekacauan, Anda bisa fokus mengemas barang-barang yang akan dibawa sehingga tidak perlu mengepak barang secara berlebihan.

Ketika semuanya sudah terorganisir, kotak-kotak dapat dikemas dengan lebih efisien. 

Mesk begitu, Anda tidak bisa membawa semua barang yang tidak memiliki tempat di rumah baru. Jadi, barang yang tidak lagi digunakan dan rusak, sebaiknya jangan membawanya ke rumah baru.  

Baca juga: 5 Cara Aman Memindahkan Kulkas saat Pindah Rumah

Beritahu pihak terkait

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan sebelum pindah rumah adalah memberi tahu pihak terkait tentang kepindahan Anda. Ini bisa berarti pemilik rumah, perusahaan utilitas, penyedia asuransi, dan tagihan lainnya. 

Apabila tinggal di apartemen, hubungi pemilik apartemen untuk mendiskusikan prosedur pindah, pengembalian kunci, dan semua dokumen yang diperlukan.

Beri tahu penyedia layanan, seperti listrik, air, gas, internet, dan kabel, tentang kepindahan Anda serta pastikan mereka membatalkan layanan Anda dari rumah lama dan menyiapkannya di rumah baru jika diperlukan.    

Baca juga: 5 Cara Mencegah Hewan Peliharaan Stres Saat Pindah Rumah

Ubah alamat 

Ilustrasi pindah rumah. PEXELS/KETUT SUBIYANTO Ilustrasi pindah rumah.
Ketika telah pindah dan menetap di rumah baru, Anda tidak ingin semua surat dan tagihan dikirimkan ke alamat lama.

Untuk menghindari kerepotan pada kemudian hari, pastikan secara resmi mengubah alamat Anda dengan bank, perusahaan kartu kredit, dan layanan pos.

Dengan langkah sederhana ini, Anda dapat menghindari keterlambatan atau masalah dalam menerima dokumen, tagihan, atau langganan penting selama dan setelah pindah rumah. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Aman Memindahkan Kulkas Saat Pindah Rumah

Mengatur perawatan anak dan hewan peliharaan

Hal yang harus dilakukan sebelum pindah rumah adalah mengatur perawatan anak dan hewan peliharaan. Jika memiliki anak atau hewan peliharaan yang membutuhkan perhatian dan perawatan, Anda pasti menginginkan seseorang yang dapat dipercaya mengawasi mereka sehingga tidak akan mengganggu saat tiba waktunya untuk pindah rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com