Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ada Noda Putih pada Pakaian Setelah Dicuci?

Kompas.com - 19/06/2023, 13:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Coba cek pakaian yang telah dicuci di mesin cuci, apakah ada noda putih? Nah, kenapa ada noda putih pada pakaian yang telah dicuci dan seharusnya bersih tersebut?

Dikutip dari House Digest, Senin (19/6/2023), Anda tidak perlu khawatir dengan noda putih ini. Seringkali, noda putih pada pakaian setelah dicuci hanyalah akibat dari terlalu banyak deterjen dan tidak cukup air.

Selain itu, mencegahnya berulang biasanya membutuhkan lebih dari sekadar memilih deterjen yang tepat dan memeriksa mesin cuci sebelum mulai mencuci pakaian.

Baca juga: Cegah Melar, Ini 5 Cara Mencuci Pakaian Wol yang Tepat

Ilustrasi mencuci pakaianDok. Shutterstock Ilustrasi mencuci pakaian

Noda putih pada pakaian yang baru dicuci bisa menimbulkan kejengkelan. Perbaikan tidak hanya membutuhkan waktu tambahan untuk mencuci ulang, itu juga berarti Anda akan membayar uang ekstra untuk menjalankan beban lagi.

Namun demikian, melakukan hal itu tidak dapat dihindari ketika Anda menemukan cucian Anda dirusak dengan garis-garis, serpihan, atau bintik putih. Noda ini mudah terlihat, terutama pada pakaian berwarna gelap.

Memasukkan pakaian bernoda putih ini ke dalam pengering hanya akan memperburuk masalah Anda karena panas akan memanaskan deterjen.

Ini akan menyebabkan pakaian berkerak dan abrasif yang terlalu tidak nyaman untuk dipakai.

Baca juga: 3 Cara Menjemur Pakaian Saat Berkemah, Bikin Barang Bawaan Ringan

Penyebab noda putih pada pakaian yang baru dicuci

Penyebab paling umum dari residu putih yang muncul pada pakaian yang baru dicuci melibatkan deterjen. Menggunakan terlalu banyak deterjen adalah sumber masalah, terutama jika air tidak cukup hangat untuk melarutkan deterjen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com