Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memanfaatkan Warna Putih untuk Ruangan

Kompas.com - 12/06/2023, 15:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hambar, membosankan, dan biasa saja, begitulah kira-kira gambaran tentang warna putih, termauk cat

Padahal, cat putih telah mengubah citra buruk tersebut dan muncul sebagai favorit bagi para pencinta warna di seluruh dunia. 

Baca juga: 8 Cara Mencuci Handuk Putih agar Bersih Seperti Baru

Alih-alih diasosiasikan dengan kurangnya kepribadian, putih dirayakan sebagai cara menonjolkan karakter.

Berikut empat cara memanfaatkan warna putih untuk ruangan dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (12/6/2023). 

Dasar setiap warna

Ilustrasi ruang keluarga.Unsplash/spacejoy Ilustrasi ruang keluarga.
Ada alasan mengapa elemen desain grafis sering ditempatkan pada latar belakang putih. Putih memiliki cara tak tertandingi untuk membuat latar depan meledak menjadi fokus, hal yang sama berlaku untuk ruang interior.

Dinding putih di ruang keluarga dapat menjadi warna dasar untuk warna cerah lainnya atau elemen dekorasi sehingga memberikan sentuhan akhir untuk menjadi pusat perhatian.

Putih juga memungkinkan mata untuk beristirahat di antara setiap dosis warna, membuat ruangan terasa seimbang dan tenang, tidak peduli seberapa meriahnya penataannya. 

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Titik fokus 

selanjutnya, cara memanfaatkan warna putih untuk ruangan adalah menjadikannya titik foku. Menambahkan warna cerah pada detail dinding arsitektural, seperti cetakan mahkota dan balok, dapat membuatnya menjadi titik fokus yang tajam.

Namun, warna-warna yang berani juga cenderung menjadi titik fokus dan menutupi kehalusan. 

Di sisi lain, warna putih memberikan bentuk pada setiap lekukan dan mempertegas setiap pergeseran kedalaman. 

Nada yang netral dan sederhana ini lebih menonjolkan daripada mengeksploitasi detail arsitektur. Padukan elemen arsitektur putih dengan aksesori cerah, seperti bantal sofa, dan perabotan untuk tampilan berani tanpa komitmen. 

Baca juga: Warna Cat Kamar Tidur yang Sebaiknya Dihindari dan Dipilih

Membuat ruangan tampak lebar 

Ilustrasi ruang keluarga minimalis atau kecil. Shutterstock/metamorworks Ilustrasi ruang keluarga minimalis atau kecil.
Jika perasaan lapang adalah hal yang Anda cari, cobalah mengecat dinding dan plafon dengan warna putih bersih. Warna klasik adalah cara mudah memperkuat kemegahan hampir setiap ruangan.

Selain itu, memberikan efek luas pada ruangan. Taktik ini juga bekerja baik dalam membuat kamar tidur terasa lebih luas dan menarik perhatian pada tempat tidur. Ini tentu saja bukan teknik baru, tapi terbukti berulang kali digunakan.  

Baca juga: 7 Warna Cat Kamar Mandi yang Trendi dan Mengundang Relaksasi

Putih di atas putih

Terakhir, cara memanfaatkan warna putih untuk ruangan adalah melapisi cat putih dengan cat putih. pertimbangkan melakukan sesuatu yang ekstrem. Meski sering dikaitkan dengan desain Skandinavia, kegemaran putih di atas putih telah mulai menjadi tren di seluruh dunia.

alah satu evolusi populer dari tampilan monoton adalah menambahkan dimensi dengan nuansa putih berbeda hingga abu-abu yang tidak terlalu mencolok.

Harus diakui, tampilan seragam yang mencolok bisa menjadi sedikit pekerjaan rumah yang sulit dipertahankan, tapi hasilnya sering kali sepadan dengan usaha.

Ruang putih-putih sangat menarik dan canggih ketika dieksekusi hingga ke detail yang paling kecil. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com