Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Kipas Angin Gantung Berdasarkan Ukuran Ruangan

Kompas.com - 02/06/2023, 12:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit adalah salah satu cara populer untuk menyejukkan ruangan. Penggunaan kipas angin tentu lebih hemat energi dibandingkan menyalakan AC.

Dikutip dari Lifehacker, Jumat (2/6/2023), kipas angin gantung tidak hanya membuat ruangan lebih sejuk saat cuaca panas, namun juga dapat membuat ruangan tetap hangat saat cuaca dingin.

Akan tetapi, ketika memilih kipas angin gantung, ini bukan hanya tentang menemukan model kipas angin gantung yang cocok dengan dekorasi rumah. Anda juga harus mempertimbangkan luas ruangan untuk memastikan bahwa kipas angin dapat bekerja dengan baik.

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Kipas Angin Gantung agar Tak Jadi Sarang Debu

Ilustrasi kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit.SHUTTERSTOCK/APPLE KULLATHIDA Ilustrasi kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit.

Berikut cara memilih kipas angin gantung berdasarkan ukuran ruangan.

Pertama, Anda perlu mencari tahu ukuran luas ruangan di mana Anda akan memasang kipas angin gantung. Anda dapat menggunakan kalkulator ukuran luas secara daring, atau menghitungnya.

Untuk menghitung luas ruangan, ukur panjang dan lebar ruangan. Kalikan panjang dan lebar untuk menghitung ukuran luas ruangan.

Setelah Anda memiliki ukuran luas ruangan, Anda dapat memilih kipas angin langit-langit dengan ukuran yang tepat untuk ruangan tersebut, berdasarkan rentang kipas.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Kipas Angin Gantung yang Perlu Diketahui

Rentang kipas langit-langit adalah panjang dalam inc  antara ujung satu bilah ke ujung bilah yang berlawanan, yaitu diameter. Jika kipas memiliki jumlah bilah ganjil, ukur jarak dari ujung salah satu bilah ke pusat kipas (jari-jari) lalu kalikan dengan dua.

Sekarang, pilih kipas angin gantung dengan bentang yang tepat untuk ruangan. Contoh pnduannya adalah sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com