Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Jenis Water Heater, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Kompas.com - 21/05/2023, 19:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Water heater sangat bermanfaat untuk menyediakan pasokan air panas ketika dibutuhkan. Ada berbagai jenis water heater yang dijual di pasaran, namun mana yang sebaiknya dipilih?

Dikutip dari House Digest, Minggu (21/5/2023), memilih water heater yang tepat untuk rumah Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis energi yang digunakan, kapasitas, pertimbangan ruang, dan berapa anggaran yang mampu Anda keluarkan untuk membeli pemanas air.

Ada lima jenis water heater utama yang tersedia untuk penggunaan rumah tangga, tetapi bagi sebagian besar pemilik rumah, intinya adalah memilih antara water heater dengan tangki penyimpanan dan tanpa tangki.

Baca juga: Bolehkah Memasang Water Heater di Luar Rumah?

Ilustrasi water heater.SHUTTERSTOCK / Skylines Ilustrasi water heater.

Alternatifnya, Anda juga dapat memilih water heater solar, atau water heater jenis kondensasi.

Water heater tangki vs water heater tanpa tangki

Karena water heater tangki adalah salah satu jenis water heater yang umum digunakan di rumah, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengannya.

Water heater ini menyimpan air di dalam tangki, dan energi digunakan untuk membuatnya tetap panas sehingga siap digunakan saat Anda membutuhkannya. Water heater tangki penyimpanan tersedia dalam versi gas dan listrik.

Water heater gas menggunakan energi sekitar setengah dari model listrik meskipun awalnya lebih mahal untuk dibeli. Keduanya tersedia dalam model yang menampung hingga 165 liter air dan yang memiliki kapasitas lebih tinggi untuk menampung rumah tangga yang lebih besar.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Water Heater

Jika ternyata Anda selalu kehabisan air panas, itu bisa menjadi indikator bahwa rumah Anda akan mendapat manfaat dari water heater yang lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com