Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2023, 15:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buih sabun adalah hasil dari penggabungan mineral air dan lemak sabun yang terjadi setiap kali mandi.

Buih sabun menjadi jenis kotoran yang dapat membuat pembersihan kamar mandi menjadi  sangat melelahkan. Hal ini karena buih sabun memiliki tekstur bersisik tertentu, yang dengan cepat meresap ke banyak area di kamar mandi. 

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Noda Buih Sabun di Kamar Mandi

Dengan memeriksa pintu kamar mandi atau permukaan bathtub, Anda mudah menemukan garis-garis menonjol dari buih sabun menumpuk.

Namun, membersihkan buih sabun dapat menjadi lebih sulit dengan berlalunya waktu karena noda menjadi lebih tebal dan sulit digosok.

Mencegah pembentukan buih sabun bukan pilihan realistis yang bisa diambil mengingat Anda tidak bisa menghindari penggunaan produk sabun.

Solusi terbaik adalah membersihkan buih sabun di kamar mandi secara teratur. Dikutip dari Rhythm of the Home, Rabu (17/5/2023), berikut cara membersihkan buih sabun di kamar mandi.  

Baca juga: Cara Membersihkan Buih Sabun di Kamar Mandi

Membersihkan buih sabun dari pintu shower

Ilustrasi membersihkan kamar mandi.Shutterstock/Alexander Raths Ilustrasi membersihkan kamar mandi.
Pintushower merupakan elemen yang paling rentan terhadap penumpukan buih sabun sehingg perlu membersihkan setelah selesai mandi. 

Pintu shower yang terbuat dari kaca dapat dibersihkan secara efektif menggunakan campuran cuka dan baking soda. Campuran ini dapat memberikan kilau baru yang cerah pada banyak perlengkapan shower.

Untuk hasil terbaik, biarkan larutan penghilang kerak sabun bekerja sebelum membilasnya.  Metode ini bekerja cukup efektif untuk sebagian besar pekerjaan pembersihan buih sabun, tapi untuk pekerjaan lebih menantang memerlukan sedikit tambahan abrasif.

Dalam hal ini, direkomendasikan menambahkan sedikit garam dapur ke dalam campuran cuka. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Buih Sabun di Kamar Mandi, Bisa Pakai Cuka

Menghilangkan buih sabun dari ubin

Sama dengan area bermasalah lainnya di kamar mandi, ubin, baik lantai maupun dinding, juga sangat terpengaruh buih sabun.

Tidak mudah menggosoknya tanpa menggunakan beberapa pembersih yang ampuh membersihkan buih sabun atau melonggarkan residu membandel.

Campuran pembersih berbahan dasar cuka bekerja baik untuk membersihkan buih sabun pada ubin. Gunakan pembersih komersial untuk tujuan ini, tetapi yang terbaik adalah menggunakan semprotan yang lebih mudah digunakan.

Semprotan pembersih cuka pada ubin kamar mandi. Biarkan pembersih bekerja selama beberapa menit sebelum membilasnya.

Spons non-abrasif harus digunakan untuk menghindari kerusakan pada permukaan ubin. Jika membiarkan pembersih bekerja dalam waktu tepat, Anda tidak perlu menggosok dengan keras. Cukup dengan gerakan menyeka.  

Baca juga: Cara Membersihkan Residu Buih Sabun di Ubin Keramik Kamar Mandi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com