Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Tanaman Monstera Layu Cara Mengatasinya

Kompas.com - 01/05/2023, 16:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati tanaman monstera yang mulai terkulai tentu membuat frustasi, terlebih telah menghabiskan banyak waktu merawatnya. 

Namun, sisi positifnya adalah monstera yang terkulai memberi tahu Anda bahwa tanaman membutuhkan perhatian ekstra. 

Baca juga: Cara Meletakkan Tanaman Monstera Deliciosa untuk Bawa Hoki

Misalnya, tanaman monstera yang terkulai memberi tahu Anda bahwa tanaman membutuhkan lebih banyak air atau perlu dipindahkan ke tempat terang.

Ada beberapa penyebab tanaman monstera layu dan terkulai. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu tanaman monstera berdiri tegak kembali dan membuat daun-daun indah itu terbentang.

Justin Hancock, ahli hortikultura di Costa Farms, mencari tahu tiga penyebab tanamam monstera layu dan cara mengatasinya dilansir dari The Spruce, Senin (1/5/2023).  

Baca juga: Waktu Terbaik Merepotting Tanaman Monstera dan Cara Melakukannya

 

Kerusakan suhu dingin

Ilustrasi tanaman hias Monstera Deliciosa di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/SOZINA KSENIIA Ilustrasi tanaman hias Monstera Deliciosa di dalam ruangan.
Hancock mengatakan penyebab tanaman monstera layu yanga paling umum (terutama Monstera deliciosa) adalah kerusakan akibat cuaca dingin.

"Monstera lebih suka disimpan di tempat bersuhu di atas 10 derajat Celsius. Suhu yang lebih rendah dari itu dapat menyebabkan kerusakan," ucap Hancock. 

Waspadai perubahan suhu yang tiba-tiba antara iklim hangat dan dingin. "Jika tinggal di (bagian utara Amerika Serikat) dan suhunya 0 derajat Celsius, paparan suhu dingin tersebut  dapat meruska tanaman jika tidak terlindungi," ujarnya. 

Jika mengalami kerusakan akibat suhu dingin, tanaman membutuhkan waktu untuk pulih. Selama memberikan apa yang dibutuhkannya, seperti cahaya, air, dan kelembapan cukup, seharusnya tidak masalah.

"Namun, Anda tidak akan melihat pertumbuhan yang rusak akibat cuaca dingin pulih, tetapi pertumbuhan baru seharusnya baik-baik saja," imbuh Hancock.

Pastikan tanaman monstera tidak dekat dengan angin dingin atau ventilasi udara. 

Baca juga: 7 Tanaman Berdaun Lebar yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah 

Tanah terlalu kering

Selanjutnya, penyebab tanaman monstera layu adalah tanahnya terlalu kering. "Hal ini sangat umum terjadi pada spesies yang lebih lembut seperti monstera adansonii," kata Hancock.

Pastikan menyiram tanaman monstera secara teratur untuk menjaga kelembapan tanahnya. Masukkan jari Anda ke tanah untuk memeriksa kelembapan dan air ketika lima sentimeter  bagian atas tanah kering.

Anda juga harus memastikan kelembabannya cukup karena monstera adalah tanaman tropis. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memasang pelembap udara di dekatnya, meletakkan tanaman monstera di kamar mandi yang lembap dengan banyak cahaya alami, atau mengelompokkan beberapa tanaman monstera.  

Baca juga: Kenapa Daun Monstera Menguning? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pemupukan berlebihan

Ilustrasi menanam tanaman hias Monstera adansonii atau janda bolong di air. SHUTTERSTOCK/ANGIEYEOH Ilustrasi menanam tanaman hias Monstera adansonii atau janda bolong di air.
Pemupukan berlebihan juga menjadi penyebab tanaman monstera layu meski tidak terlalu umum. 

Selain itu, kata Hancock, terlalu banyak memberi pupuk juga bisa menyebabkan tanaman monstera berubah warna menjadi coklat. 

Jika merasa tanaman monstera terlalu banyak dipupuk, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyiram tanah dengan air untuk membersihkannya guna membantu menghilangkan kelebihan nutrisi atau garam.

Apabila akan memupuk tanaman monstera, pastikan mengencerkan pupuk dan membaca petunjuk pada kemasannya terlebih dulu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com