Kompas.com - 29/09/2022, 07:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 membangkitkan hobi merawat tanaman hias di rumah. Salah satu tanaman hias populer selama pandemi adalah monstera.

Popularitas monstera begitu luar biasa selama dua tahun terakhir. Salah satu penyebabnya adalah tampilan daunnya yang unik dan menarik, sehingga dapat dijadikan elemen dekorasi rukah.

Dalam merawat tanaman hias ini, salah satu kondisi yang kerap terjadi adalah daun monstera menguning. Nah, apa sebenarnya penyebab daun monstera menguning dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: 5 Penyebab Bercak Coklat pada Tanaman Monstera

Ilustrasi tanaman hias Monstera dan Calathea orbifolia di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/IGOR STROMYK Ilustrasi tanaman hias Monstera dan Calathea orbifolia di dalam ruangan.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (29/9/2022), berikut beberapa penyebab daun monstera menguning dan cara menanganinya.

1. Pencahayaan tidak tepat

Terlalu banyak atau terlalu sedikit cahaya menjadi alasan di balik menguningnya daun monstera.

Sementara tanaman monstera tidak keberatan berada di bawah sinar matahari, jika tanaman terkena sinar matahari yang keras selama berjam-jam, maka kondisi ini akan menghanguskan daun dan menjadi kuning.

Demikian pula, jika tanaman monstera terus-menerus berada di lokasi dengan cahaya redup, maka daunnya akan menjadi lunak dan pucat, dan tanaman mungkin menderita kelebihan air jika disiram secara teratur.

Baca juga: Simak, Ini Cara Merawat Tanaman Monstera

Gejalanya adalah daun monstera berwarna cokelat, kuning, terbakar di bawah terik matahari. Daun lembut dan kuning pucat akan terjadi dalam naungan terlalu banyak.

Solusinya, pilih lokasi yang mendapat cahaya tidak langsung terang dan beberapa jam cahaya langsung ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.