Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Membuat Rumah Sejuk Saat Cuaca Panas, Tak Perlu AC

Kompas.com - Diperbarui 31/10/2023, 21:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia dan sejumlah negara di kawasan Asia mengalami cuaca panas. Saat suhu mulai melonjak, mengetahui cara mendinginkan ruangan dengan cepat adalah suatu keharusan.

Dikutip dari Real Homes, ada banyak cara membuat rumah sejuk saat cuaca panas agar Anda dan keluarga tetap nyaman di rumah.

Tentu saja masuk akal untuk berinvestasi pada AC dan kipas angin, tetapi masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kenyamanan di rumah saat cuaca panas, dari pagi hingga malam.

Baca juga: Catat, Ini Bahan Seprai Terbaik untuk Cuaca Panas

Ilustrasi cuaca panas di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/FIZKES Ilustrasi cuaca panas di dalam ruangan.

Brian Dillon dari Crafted Beds menjelaskan, membuka jendela dan membiarkan angin mengalir masuk mungkin merupakan insting alami Anda, tetapi ini bisa menjadi kontraproduktif, terutama selama jam-jam terpanas hari itu.

Kamar atau rumah yang menghadap ke selatan dengan banyak kaca cenderung menjadi panas dan tidak nyaman, membuat hari-hari lembap dan sulit tidur. Menurut Sleep Charity, suhu tidur ideal adalah 16 sampai 18 derajat celcius.

Phil Steele dari Octopus Energy mengungkapkan menjaga ruangan tetap sejuk selama cuaca panas sangat bergantung pada menjaga agar ruangan tidak terlalu panas dan menggunakan lebih sedikit energi.

Berikut beberapa cara membuat rumah sejuk saat cuaca panas tanpa perlu menggunakan AC.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Rumah Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

1. Tutup jendela dan gorden saat cuaca panas

Menutup jendela saat matahari berada pada titik tertinggi akan mencegah udara panas memasuki ruangan. Ini akan menahan panas langsung dan menghentikan jendela agar tidak berfungsi seperti rumah kaca.

Hal ini sangat penting jika Anda memiliki sofa kulit ruang tamu karena tidak ada orang yang menyukai rasa lengket dan berkeringat saat duduk di sofa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com