Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Rumah agar Terasa Sejuk Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 11/07/2022, 07:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas saat musim kemarau seringkali menciptakan ketidaknyamanan. Selain teriknya sinar matahari, suhu yang tinggi juga membuat tubuh mudah berkeringat, yang menyebabkan aktivitas terganggu.

Jika Anda ingin membuat rumah terasa sejuk saat cuaca panas, tata letak dan dekorasi rumah perlu diperhatikan pula. Jangan sampai dekorasi rumah Anda memicu ruangan menjadi lebih panas dan pengap.

Dilansir Femina India, Senin (11/7/2022), pendiri Design Attic, Dhvani Bhatiya dan Rhea Jacob Eapen, memberikan beberapa tips dekorasi rumah agar terasa sejuk saat cuaca panas.

Baca juga: Cara Menyejukkan Rumah saat Cuaca Panas Tanpa Perlu AC

Ilustrasi dinding aksen.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi dinding aksen.

1. Dinding berwarna terang

Dinding memantulkan dan memancarkan cahaya dan panas maksimum, jadi gunakan warna cat dinding yang lebih lembut untuk menjaga rumah Anda tetap sejuk. Anda dapat memilih warna netral atau putih klasik.

Anda juga dapat memilih warna yang lebih terang dari warna-warna berat seperti abu-abu lembut, krem, merah muda bubuk atau aqua, tergantung pada langit-langit warna ruangan.

Jika warna solid dan berat harus dimasukkan, Anda dapat menempatkannya di dinding aksen tunggal sebagai lawan di seluruh ruangan agar tetap terang, baik dari segi tampilan maupun panasnya.

2. Bahan kain yang ringan

Hindari menggunakan bahan kulit untuk pelapis sofa dan pilih kain yang lebih halus yang membuat ruangan nyaman untuk bersantai. Ganti karpet tebal dengan yang terbuat dari kain alami seperti goni atau linen.

Baca juga: 7 Cara Mudah Membuat Rumah Terasa Sejuk Saat Cuaca Panas

Tukar sarung bantal bulu untuk yang katun. Tips-tips ini akan membantu menjaga keseimbangan visual di dalam ruangan, bersama dengan keseimbangan suhu.

3. Tanaman

Baik itu musim atau ruang apa pun, tanaman menambah kehidupan ke ruangan seperti yang tidak bisa dilakukan oleh elemen lain. Dengan warna alaminya, tanaman menambah semangat pada ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com