Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyejukkan Rumah saat Cuaca Panas Tanpa Perlu AC

Kompas.com - 09/07/2022, 13:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau AC adalah cara paling populer untuk menyejukkan ruangan dengan cepat. Akan tetapi, tidak semua rumah memiliki AC.

Namun demikian, jangan khawatir. Ada beberapa cara mudah menyejukkan ruangan saat cuaca panas tanpa perlu AC. Misalnya, Anda dapat menutup gorden, memasang kipas angin, hingga menggunakan seprai dan selimut berbahan ringan.

Dilansir Better Homes & Gardens, Sabtu (9/7/2022), berikut beberapa cara menyejukkan rumah tanpa perlu AC.

Baca juga: 7 Cara Mudah Membuat Rumah Terasa Sejuk Saat Cuaca Panas

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna netral, ilustrasi meja kopi, Ilustrasi jendela. UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna netral, ilustrasi meja kopi, Ilustrasi jendela.

1. Tutup jendela dan gorden

Membiarkan jendela terbuka selama jam-jam tercerah hari memungkinkan dalam jumlah yang cukup panas. Saat terik di luar, hal paling cerdas yang harus dilakukan adalah menghalangi sinar matahari dengan jendela.

Di dalam rumah, tutup gorden.

2. Optimalkan penggunaan kipas angin

Kipae angin adalah cara yang bagus untuk membuat ruangan sejuk. Akan tetapi, Anda harus menjadi kreatif untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan kipas angin.

Ciptakan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan dengan menempatkan kipas angin di seberang jendela yang terbuka. Anda juga dapat mencoba menempatkan semangkuk es batu pada sudut di depan kipas angin untuk mendapatkan embusan udara yang lebih dingin.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Air Kolam Renang Tetap Sejuk Selama Cuaca Panas

Jika memungkinkan, sesuaikan kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit agar berputar berlawanan arah jarum jam untuk menarik dan mengeluarkan udara panas.

3. Nyalakan exhaust fan

Exhaust fan kamar mandi dan exhaust fan dapur menarik panas dan kelembapan dari rumah. Nyalakan di siang hari untuk mengeluarkan udara panas dari rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com