Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2023, 12:42 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan merupakan tempat makan dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ruangan ini sebaiknya ditata dengan baik sehingga menghadirkan suasana nyaman dan hangat saat berkumpul.

Dalam menata ruang makan, pencahayan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. , David Amos dari Amos Light mengatakan, ruang makan yang diterangi dengan indah dan cermat untuk menghindari bayangan gelap dapat terasa jauh lebih besar dari sebenarnya.

Hal ini juga akan memberikan lingkungan lebih santai untuk bersosialisasi. Dilansir dari Ideal Home, Minggu (16/4/2023), berikut cara menata pencahayaan di ruang makan kecil.

Baca juga: Tips Mendekorasi Ruang Makan Kecil

Cahaya berlapis

Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.
Rob Elis dari Dwell merekomendasikan memilih lampu gantung yang mencolok untuk menciptakan titik fokus yang menarik perhatian.

"Pasangkan lampu gantung dengan lampu lantai atau lampu meja untuk menciptakan area lain yang menarik di dalam ruangan dan gunakan kontrol peredup untuk fleksibilitas lebih tinggi," katanya.

Melapisi pencahayaan akan menambah kehangatan dan kenyamanan pada ruang makan yang kecil. Hal ini juga memungkinkan Anda menikmati berbagai desain lampu berbeda.

Anda tidak perlu terbebani membeli perlengkapan lampu yang sangat serasi. Perpaduan yang lebih beragam akan terlihat santai dan nyaman.

Baca juga: Hindari, Ini 4 Kesalahan Menata Ruang Makan Kecil

Gunakan pencahayaan untuk membuat zona

Ide dapur terbuka membawa pendekatan lebih santai untuk bersantap. Namun, jika ruang memungkinkan, sebaiknya tetap ada pemisahan antara makan dan bersantai.

Pencahayaan bisa membantu  menentukan batas-batas jelas. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan lampu-lampu hias untuk menerangi jalan masuk ke ruang makan. 

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Ruang Makan agar Nyaman

Ganti kap lampu

Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.
Berinvestasilah pada perlengkapan lampu dengan kap lampu yang dapat dilepas untuk memudahkan Anda mengubah ide pencahayaan ruang makan kecil.

"Mengganti kap lampu dapat langsung mengubah warna aksen di ruang makan kecil," kata Marry Buchanan dari Laura Ashley Lighting and Mirrors.

Baca juga: 4 Tips Mendesain Dapur Terbuka yang Praktis dan Fungsional

Manfaatkan dinding

Lampu dinding adalah tren desain yang populer. Pada ruang makan kecil, lampu dinding juga bisa menjadi pilhan hemat tempat karena tidak menghalangi pandangan seperti halnya lampu gantung.

Lampu dinding juga ideal jika plafon ruang makan rendah. Jika lampu dinding adalah satu-satunya sumber cahaya, gunakan sakelar peredup cahaya (dimmer switch) sehingga lampu tersebut dapat memberikan pencahayaan terang dan temaram. Pilih desain menarik untuk lampu dinding Anda.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Memilih Karpet Ruang Makan

Gunakan lilin

Saat ruang terbatas, beberapa lilin yang ditempatkan secara strategis dapat membuat ruangan terasa nyaman. Anda juga dapat menggunakan fairy lights untuk memberikan suasana serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com