Kompas.com - 10/08/2022, 18:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memilih karpet untuk ruang makan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ukuran yang tidak tepat dapat membuat ruangan terlihat tidak seimbang.

Selain itu, motif dan warna karpet yang tidak tepat juga dapat membuat ruang makan terlihat aneh, bahkan buruk. 

Dikutip dari Decor Tips, Rabu (10/8/2022), ada beberapa cara memilih karpet ruang makan agar terlihat lebih menarik dan terasa hangat. Apa saja?

Baca juga: 4 Benda yang harus Dimiliki untuk Dekorasi Ruang Makan yang Elegan

Tentukan kebutuhan

Ilustrasi ruang makan.Shutterstock/Artazum Ilustrasi ruang makan.

Beberapa ruangan tidak memerlukan karpet karena tidak memiliki fungsi dalam ruangan tersebut seperti ruang makan. Satu-satunya fungsi dari karpet di ruang makan adalah membuat ruangan terlihat penuh secara visual. 

Untuk ruang makan kecil yang terpisah dari ruangan lain, dinding sudah melakukan tugasnya untuk memisahkan ruang makan dari ruangan lain. Walhasil, memiliki karpet di ruangan tersebut terasa kurang praktis.

Baca juga: 6 Tips Menghadirkan Feng Shui Baik ke Dalam Ruang Makan

Ketahui bentuk karpet

Ada berbagai macam bentuk karpet yang bisa dipilih, dari bulat, persegi, hingga persegi panjang. Bahkan, ada pula karpet yang berbentuknya unik.

Cara memilih karpet ruang makan berdasarkan bentuk tergantung pada bentuk meja makan. Menurut ahli desain interior, meja bulat lebih cocok dipadukan dengan karpet bulat. Hal ini juga berlaku untuk meja berbentuk persegi dan persegi panjang. 

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Karpet Persia Asli Harganya Mahal

Pilih ukuran yang tepat

Untuk mengetahui ukuran karpet ruang makan, mulailah dengan mengukur meja ruang makan. Pertimbangkan bahwa kamu ingin melihat karpet ketika sedang tidak duduk di sekitar meja. 

Jadi, jika akan meletakkan karpet di bawah meja makan, ukurannya harus sekitar 10-20 sentimeter (cm) lebih besar daripada meja. Namun, ini tetap bergantung pada luas lantai yang dimiliki.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Meja Ruang Makan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber decor tips


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.