Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Cara Memilih Cat Kamar Mandi yang Tepat

Kompas.com - 06/04/2023, 16:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap renovasi kamar mandi penuh tantangan dan peluang untuk melakukan kesalahan, termasuk mengecat dinding. 

Pasalnya, kondisi kamar mandi yang menghasilkan kelembapan tinggi, rentan basah atau berair, dan berpotensi menjadi tempat berkembang biak jamur serta lumut sehingga perlu hati-hati memilih cat kamar mandi yang tepat. 

Baca juga: Cara Menyimpan Sisa Cat yang Tepat agar Tidak Kering dan Tahan Lama

Ditambah, ada banyak pilihan cat kamar mandi yang tersedia, dari merek, warna, dan hasil akhir. Dari semua pilihan tersebut, hasil akhir cat adalah hal paling penting, mengingat kelembapan dan air di kamar mandi.

Misalnya, cat dengan hasil akhir mengkilap lebih mudah dibersihkan dan tahan terhadap kelembapan, jamur, dan lumut daripada cat yang datar.

Itulah mengapa cat dengan hasil akhir lebih mengkilap adalah pilihan terbaik untuk dinding di kamar mandi. 

Linda Kam, Sr Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, mengatakan sebelum memilih cat kamar mandi, perlu memperhatikan sistem waterproofing. 

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Kamar Tidur yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Ilustrasi kamar mandi.Unsplash/3dottawa Ilustrasi kamar mandi.
Mulai dari, memperhatikan kondisi lantai, talang air yang beroperasi, hingga apakah air shower bisa menyiprat dinding.

"Pastikan setiap langkah sistem waterproofing ini sudah tepat, lalu paling akhir menggunakan cat tahan air," ucap Linda yang ditemui dalam acara peluncuran Tren Warna Ramadan 2023 Nippon Paint Indonesia, beberapa waktu lalu. 

Linda menambahkan, soal warna cat kamar mandi, ini bisa disesuaikan dengan nuasanya yang diinginkan penghuni rumah. 

Misalnya, apabila ingin menghadirkan nuansa tenang, bisa memilih cat kamar mandi berwarna lembut.  

Baca juga: 9 Rekomendasi Warna Cat Kamar Mandi yang Cantik dan Tenang

Untuk hasil akhir cat yang sebenarnya, dilansir dari Southern Living, Kamis, (6/4/2023), Consumer Reports merekomendasikan menggunakan cat dengan hasil akhir satin atau semi-gloss.

Mereka berpendapat satin lebih tahan lama dan berkilau daripada hasil akhir egg-sheel dan sangat ideal untuk kamar mandi.

Hasil akhir cat satin juga mudah dibersihkan dan bisa diaplikasikan pada dinding, plafon, bahkan lis kamar mandi karena banyak lapisan satin yang lebih keras daripada sebelumnya. 

Baca juga: 5 Warna Cat Ini Harus Dihindari di Kamar Mandi, Ini Alasannya

Sementara itu, hasil akhir semi-gloss memiliki lapisan lebih keras dan mudah dibersihkan. Cat ini dapat digunakan pada dinding, plafon, lis, dan meja rias jika tidak keberatan dengan tampilan yang lebih berkilau. 

Namun, perlu diingat, apabila tidak menggunakan cat kamar mandi dengan hasil akhir semi-gloss atau satin, Anda akan kesulitan membersihkannya pada kemudian hari, bahkan mungkin melawan jamur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com