Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2023, 11:30 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com - Blender merupakan salah satu peralatan elektronik dapur yang digunakan untuk menghaluskan berbagai bahan makanan, seperti buah dan sayuran. 

Hal ini pun membuat blender kotor dan bau, ditambah sisa-sisa makanan yang dihaluskan dapat menempel di sela-sela blender.

Baca juga: Hindari, Ini 7 Penyebab Blender Cepat Rusak

Karena itu, perlu membersih blender setiap kali digunakan untuk memudahkan pembersihan dan mencuci secara rutin.

Sebab, sisa makanan yang mengering pada blender akan lebih sulit dibersihkan. Namun, jika sisa makanan sudah telanjur menempel, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Dilansir dari Bobvila, Rabu (15/3/2023), berikut enam langkan membersihkan blender.

Lepas bagian-bagian blender 

Ilustrasi blender.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi blender.
Sebelum mulai membersihkan blender, lepaskan bagian-bagiannya terlebih dahulu seperti tabung dan tutup. Jika mata pisau blender dapat dilepas, lepaskan dari tabung. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembersihan. 

Baca juga: Cara Menajamkan Pisau Blender dengan Cangkang Telur 

Cuci tabung blender

Selanjutnya, buat larutan pembersih dari air dan sabun cuci piring. Caranya, isi wastafel atau baskom besar dengan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring, lalu biarkan blender terendam dalam larutan tersebut selama beberapa menit.

Kemudian, seka bagian dalam dan luar tabung blender dengan spons dan air sabun. Jika mata pisau blender tidak dapat dilepas, berhati-hatilah untuk tidak menjangkau terlalu jauh ke bagian dasar agar tidak melukai tangan Anda. 

Baca juga: 9 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Soda Kue 

Cuci tutup dan komponen kecil lainnya dengan tangan

Cuci komponen-komponen lain dari blender, termasuk tutup, gasket, dan mata pisau jika model model blender yang Anda miliki dapat dilepas.

Masukkan komponen-komponen tersebut ke wastafel atau baskom, rendam dengan air sabun hangat, lalu bilas setiap bagian dengan baik, dan keringkan dengan handuk mikrofiber

Baca juga: Bikin Rusak, 8 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dihaluskan dengan Blender

Bersihkan sisa makanan dengan baking soda

Ilustrasi blender.Shutterstock/YozikKoshechkin Ilustrasi blender.
Jika terdapat sisa makanan, tambahkan campuran baking soda dan air dengan perbandingan 1:1 ke dalam blender. Isi sepertiga blender dengan larutan, lalu pasang kembali tutup blender, dan jalankan blender sekitar 15 detik.

Campuran baking soda dan air membantu melonggarkan makanan yang menempel sekaligus menghilangkan bau. Selain itu, tambahkan beberapa potong lemon ke dalam larutan pembersih untuk  menghilangkan bau tak sedap pada blender.

Setelah itu, buang cairan yang sudah dijalankan, kemudian bilas setiap bagian blender. Ikuti langkah-langkah di atas untuk membersihkan tabung dan bagian yang lebih kecil dengan air sabun hangat.

Baca juga: Simak, Cara Menggunakan Blender dengan Benar agar Tahan Lama

Seka bagian alas dengan kain mikrofiber

Bagian alas blender berisi komponen listrik sehingga jangan sampai terendam air. Untuk membersihkannya, cukup menggunakan kain mikrofiber yang hangat dan lembap guna menghilangkan noda yang menempel, lalu seka kabel dengan hati-hati.

Keringkan blender

Setelah blender bersih, keringkan semua komponennya serta pasang kembali dan letakkan blender di dalam lemari untuk disimpan atau taruh di atas meja jika berencana menggunakannya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com