Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Durasi dan Cara Membersihkan Setiap Peralatan Rumah Tangga

Kompas.com - 15/03/2023, 10:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan rumah tangga yang digunakan setiap hari, seperti kulkas, mesin cuci, vacuum cleaner, dan sebagainya, perlu dibersihkan secara rutin.

Peralatan yang kotornya membuatnya tidak berfungsi maksimal. Karena itu, pembersihan bertujuan tak hanya membersihkan peralatan dari kuman dan bakteri, tapi juga menghilangkan bau, menjaganya tetap bekerja optimal, serta membuatnya tahan lama. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Rabu (15/3/2023), berikut waktu terbaik dan cara membersihkan setiap peralatan rumah tangga

Baca juga: 7 Peralatan Elektronik Ini Harus Dimiliki Rumah Modern

Membersihkan kulkas setiap tiga bulan

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/CELTSTUDIO Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas.
Mengelap tumpahan makanan atau cairan apa pun segera dapat membuat tugas membersihkan kulkas lebih mudah.

Selain itu, mengelap gagang dan kontrol dispenser setiap hari dengan tisu disinfektan untuk menghilangkan bakteri dari banyak tangan.

Seminggu sekali, luangkan waktu beberapa menit untuk memeriksa makanan yang perlu dibuang dari kulkas untuk mencegah tumbuhnya jamur dan lumut yang menyebar cepat.

Kosongkan kulkas sepenuhnya dari makanan, rak, dan tempat sampah setiap tiga bulan sekali untuk pembersihan menyeluruh. Buang apa pun yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa. 

Baca juga: Lokasi Penempatan Kulkas Terbaik di Dapur Menurut Feng Shui, Apa Saja?

Setelah itu, bersihkan bagian dalam kulkas. Gunakan campuran satu sendok teh sabun pencuci piring cair dan satu liter air hangat.

Gunakan spons bersih atau kain mikrofiber untuk mengelap bagian dalam kulkas, beri perhatian ekstra pada tumpahan apa pun, kemudian seka permukaan dengan kain kering yang bersih.

Cuci rak dan tempat sampah dengan larutan yang sama. Bilas dengan baik dan keringkan sepenuhnya sebelum memasukkannya kembali ke kulkas.

Bersamaan dengan makanan, tambahkan sekotak baking soda baru yang sudah dibuka untuk membantu menyerap bau dari kulkas. 

Baca juga: Kulkas Baru Tidak Dingin? Lakukan 6 Pengecekan Ini 

Bersihkan mesin pencuci piring sebulan sekali

Ilustrasi membersihkan mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan mesin pencuci piring atau dishwasher.
Bersihkan mesin pencuci piring dengan cuka dan baking soda sebulan sekali untuk menjaganya tetap bekerja baik.

Dengan mesin pencuci piring yang kosong, lepaskan rak bagian bawah dan periksa saringan pembuangan dan dispenser detergen dari kotoran. Bersihkan saringan dengan sikat berbulu halus dan pasang kembali raknya.

Setelah itu, isi mangkuk kaca dengan 236 mililiter cuka putih suling dan letakkan di rak paling atas. Jalankan siklus pencucian dengan air panas, tetapi lewati siklus pengeringan.

Buka mesin pencuci piring dan taburkan 236 mililiter baking soda di sepanjang lantai mesin pencuci piring dan jalankan siklus air panas yang pendek kembali. 

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com