Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Anjing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 03/02/2023, 15:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapat anjing peliharaan yang tidak mau makan tentu membuat pemiliknya khawatir, bahkan stres, karena bisa membuat anjing sakit, bahkan mengancam keselamatannya. 

Dalam kondisi tertentu, anjing mengalami penurunan nafsu makan (hiporeksia) atau kehilangan nafsu makan (anoreksia). 

Baca juga: 5 Penyebab Anjing Tidak Mau Makan, Apa Saja?

Kondisi ini sering kali mengindikasikan adanya masalah medis yang dialami anjing. Anoreksia selama lebih dari 24 jam tidak boleh diabaikan karena hal ini kerap menjadi peringatan bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi.

Dikutip dari Pet MD, Jumat (3/2/2023), ada banyak penyebab anjing tidak mau makan, tetapi umumnya terbagi dalam tiga kategori utama, yakni masalah medis, perilaku, serta masalah dengan makanan itu sendiri. 

Masalah medis

Ilustrasi anjing tidak mau makan.Shutterstock/Zontica Ilustrasi anjing tidak mau makan.
Daftar penyebab medis anjing tidak mau makan sangat banyak dan mencakup apa pun yang dapat menyebabkan rasa sakit, mual, lesu, atau stres. 

Mulai dari, penyakit gigi, sakit mulut, mual, muntah, diare, parasit usus, pankreatitis, hingga gangguan perut (makan sisa makanan atau hal lain yang seharusnya tidak dimakan atau perubahan makanan atau kudapan secara tiba-tiba).

Selain itu, infeksi, demam, kanker, penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit radang usus, gagal jantung kongestif, serta penyakit paru-paru. 

Ini hanya beberapa contoh masalah medis yang menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anjing, masih banyak lagi kemungkinan penyebab lainnya. 

Baca juga: 5 Mitos Anjing Pit Bull, dari Gigitan Mematikan sampai Sulit Dilatih

Perilaku

Sama dengan manusia, kecemasan, stres, atau ketakutan dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada beberapa anjing.

Ingatlah bahwa apa yang Anda anggap sebagai stres berbeda dengan apa yang mungkin dianggap stres oleh anjing peliharaan. Bahkan hal-hal kecil pun dapat menimbulkan kecemasan dan menjadi penyebab anjing tidak mau makan.

Perubahan rutinitas atau lingkungan anjing, seperti orang atau hewan peliharaan baru di rumah, bepergian, atau suara keras seperti konstruksi, badai, atau kembang api dapat memicu kecemasan anjing. 

Bahkan sesuatu yang sederhana seperti mengubah waktu atau lokasi makan dapat menyebabkan anjing lebih sensitif merasa stres dan membuat  cenderung tidak mau makan. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Berbulu Kasar yang Populer dan Banyak Dipelihara

Ilustrasi anjing makan, anjing tidak mau makan.Shutterstock/Chendongshan Ilustrasi anjing makan, anjing tidak mau makan.
Intimidasi dari hewan peliharaan lain di rumah juga dapat menyebabkan anjing menghindari mangkuk makanannya.

Banyak anjing tidak mau makan di dekat hewan peliharaan lain karena mungkin ada intimidasi yang tidak dapat dilihat pemiliknya.

Disarankan memisahkan anjing peliharan saat makan untuk mengurangi perebutan sumber daya atau intimidasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com