Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Anjing Sussex Spaniel, dari Karakter, Sejarah, dan Perawatan

Kompas.com - 31/01/2023, 17:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sussex spaniel adalah ras anjing olahraga dan pemburu berukuran sedang. Anjing asal Inggris ini memiliki tampilan yang mudah dikenali dan berbeda dari ras lainnya.

Sussex spaniel memiliki bulu cukup panjang dan sedikit bergelombang di bagian bawah dengan warna hati keemasan yang menjadi ciri khasnya.  

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Shiba Inu, Sangat Setia dan Nyaris Punah

Secara keseluruhan, anjing Sussex spaniel berkaki pendek dan bertubuh panjang seperti anjing Dachshund. Tampilan ini memungkinkan Sussex spaniel untuk bergerak melalui semak belukar menangkap mangsa.

Anjing Sussex spaniel juga mempunyai telinga cukup panjang yang menggantung ke bawah. Mata cokelatnya yang lembut dan alis tebalnya membuat Sussex spaniel memiliki ekspresi cemberut, padahal ras anjing ini sangat ceria. 

Apabila tertarik memeliharanya, dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (31/1/2023), berikut sejumlah hal tentang anjing Sussex spaniel.

Karakteristik Sussex spaniel

Ilustarsi anjing Sussex spaniel.Shutterstock/Vera Reva Ilustarsi anjing Sussex spaniel.
Sussex Spaniel umumnya memiliki kepribadian manis dan menyenangkan dengan keluarg manusian meski dapat sedikit waspada terhadap orang asing.

Ras anjing ini santai di dalam rumah selama kebutuhan olahraganya terpenuhi. Sifat keras kepala juga dapat membantu membentuk kepribadiannya meski tetap dapat mengikuti pelatihan dengan baik.

Baca juga: 6 Ras Anjing Asal Norwegia yang Sangat Langka

Sejarah sussex spaniel

Sussex spaniel berakar dari daerah Sussex di Inggris bagian selatan. Selama 1700-an, penduduk di wilayah ini bekerja untuk mengembangkan anjing penembak yang kokoh dengan kaki pendek.

Mereka membutuhkan anjing ini untuk dapat menavigasi tanah yang berat dan dedaunan yang lebat di daerah tersebut.

Mereka juga mengembangbiakkan anjing ini agar lebih vokal daripada anjing spaniel pada umumnya sehingga para pemburu dapat melacaknya meski anjing menghilang di balik semak belukar yang lebat. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Hitam yang Populer dan Banyak Dipelihara

Sussex spaniel apertama kali diakui Kennel Club of the United Kingdom, Badan Pengasuhan Anjing Inggris, pada akhir 1800-an. Namun, popularitasnya menurun pada Perang Dunia II dan hampir punah.

Sussex spaniel masih tetap langka sampai sekarang dan paling umum ditemukan di Inggris dan Amerika Utara. American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, pertama kali mengakui trah ini pada1878.

Perawatan anjing Sussex spaniel

Ilustrasi anjing Sussex spaniel.Shutterstock/Vera Reva Ilustrasi anjing Sussex spaniel.
Anjing Sussex spaniel tidak membutuhkan banyak latihan dan kebutuhan perawatannya cukup sederhana. Pelatihan dan sosialisasi harus dimulai sejak usia muda untuk membantu mendorong perilaku yang baik. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Cocok Dipelihara Pemula

  • Latihan

Berikan anjing Sussex spaniel setidaknya satu jam latihan per hari untuk membuatnya tetap tenang di dalam rumah.

Berjalan kaki, mendaki gunung, dan berenang merupakan aktivitas yang ideal untuk membantu Sussex spaniel membakar energi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com