Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Betulkah Anjing Labrador Retriever Memiliki Banyak Jenis?

Kompas.com - 15/01/2023, 09:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Labrador retriever adalah ras anjing asli Kanada yang paling populer di Amerika selama lebih dari 30 tahun.

Ras anjing asal Kanada ini datang dalam berbagai bentuk kepala, tubuh, serta warna bulu yang berbeda. 

Baca juga: 6 Fakta Unik Anjing Labrador Retriever yang Lincah dan Serbaguna

Tak jarang, perbedaan ini membuat orang berpikir bahwa Labrador retriever terdiri atas beberapa jenis. Ditambah, ada anjing Labrador retriever Inggris dan Amerika. 

Padahal, kenyataannya, Labrador retriever hanya memiliki satu jenis. 

Namun, beberapa peternak menginginkan anjing yang dikhususkan ini untuk menyelesaikan tugas berbeda, seperti berburu, anjing pelayan, dan hanya menjadi teman yang aktif, sehingga  mungkin sedikit berbeda, tetapi tidak banyak.

Ron Morelos, peternak dan pemilik Stonewall Labradors, menjelaskan hanya ada satu anjing Labrador retriever. "Keliru menyebutnya "Amerika" atau "Inggris" karena tidak ada yang seperti itu," imbuhnya dikutip dari Daily Paws, Minggu (15/1/2023). 

Namun, mengapa ada kebingungan tentang ras anjing ini? 

Baca juga: Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever, Apa Bedanya?

Sejarah Labrador retriever 

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.Unsplash/brummywithatummy Ilustrasi anjing Labrador Retriever.
Menurut Labrador Retriever Club (LRC), asal usul anjing Labrador retriever sebenarnya sedikit misteri. Anjing ini pertama kali ditemukan di provinsi Newfoundland, Kanada timur laut, bukan di dekat Labrador seperti namanya.

Hanya ada sedikit catatan sejarah tentang kapan anjing pencinta air ini muncul. The Kennel Club di Inggris menunjukkan Labrador retriever berada di daerah tersebut sejak 1500-an, yang didedikasikan untuk bekerja dan tinggal bersama nelayan serta penjelajah yang aktif dalam rute perdagangan antara Eropa dan Kanada.

Anjing-anjing sportif ini membantu mengambil jala di laut dan hewan buruan di darat. Labrador memiliki berbagai nama pada tahun-tahun awal, termasuk John's dogs, Little Newfoundler, anjing air hitam, dan Lesser Newfoundland. 

Baca juga: 6 Ras Anjing yang Mirip Labrador Retriever, Apa Saja?

Bangsawan Inggris yang mengunjungi Kanada menganggap keterampilan mengambil yang dimiliki Labrador retriever sebagai manfaat besar.

Mereka pun kembali ke Inggris membawa Labrador retriever dengan harapan dapat menjadi anjing yang luar biasa di lapangan.

Secara khusus, Kolonel Peter Hawker dan Earl of Malmesbury bekerja membiakkan Labrador retriever menjadi anjing penembak pada pertengahan 1800-an. Kennel Club kemudian mengakui Labrador retriever sebagai ras resmi pada 1903. 

Baca juga: Seberapa Cerdas Anjing Labrador Retriever? Ini Penjelasannya

Perbedaan Labrador Inggris dan Amerika 

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.PIXABAY/chiemsee2016 Ilustrasi anjing Labrador Retriever.
Sebetulnya, tidak ada jenis Labrador retriever Inggris dan Amerika karena semua anjing modern dianggap sebagai keturunan dari garis Newfoundland yang sama.

Selain itu, sebagian besar peternak Lab mengikuti standar ras resmi yang diakui The Kennel Club serta American Kennel Club (AKC), yang pertama kali mendaftarkan Lab di Amerika Serikat pada1917.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com