Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing Paling Setia di Dunia, dari Shiba Inu sampai Beagle

Kompas.com - 11/01/2023, 18:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Manusia pertama kali mendomestikasi atau menjinakkan anjing lebih dari 10 ribu tahun lalu.

Beberapa ras anjing, seperti anjing pemburu dan penggembala, telah dibiakkan secara khusus untuk kepatuhan, responsif terhadap isyarat, serta sifat-sifat lain yang sangat terkait dengan kesetiaan.

Baca juga: Alasan Ilmiah Anjing Setia kepada Pemiliknya

Tak heran, bila saat ini anjing dikenal hewan yang setia dan sahabat terbaik manusia. Meski demikian, cara perawatan dan pelatihan sejak dini memainkan peran penting dalam membentuuk kepribadian anjing yang baik, patuh, menyenangkan, dan setia. 

Nah, dikutip dari Treehugger, Rabu (11/1/2023), berikut ras anjing paling setia di dunia.  

Shiba inu

Ilustrasi anjing Shiba inu. Shutterstock/Akbudak Rimma Ilustrasi anjing Shiba inu.
Shiba inu adalah ras anjing kuno asal Jepang. Awalnya, Shiba inu adalah anjing pemburu di pegunungan terjal selama ribuan tahun lalu.

Mereka tiba di Amerika Serikat bersama dengan keluarga militer Jepang pad 1950-an setelah hampir punah selama Perang Dunia II.

Ada satu kisah kesetian anjing Shiba inu bernama Mari. Kisah itu dibuat menjadi film setelah gempa bumi di Jepang pada 2004. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Asal Turki yang Kuat dan Setia pada Pemiliknya

Mari memindahkan ketiga anak anjingnya ke tempat yang aman setelah rumah pemiliknya runtuh dan berhasil membangunkan pemiliknya yang sudah lanjut usia sehingga bisa diselamatkan.

Sebuah helikopter menerbangkan pemiliknya dan selama dua minggu Mari dan anak-anak anjingnya menunggu sang pemilik pulang ke rumah. 

Beagle

Beagle adalah anjing pemburu paling populer di antara pemilik anjing peliharaan Amerika. Beagle dikenal karena temperamennya yang ceria dan kesetiaannya.

Trah modern ini dikembangkan di Inggris pada abad ke-19 sebagai anjing pemburu, cerdas, dan dengan naluri pelacakan yang unggul.

Anjing yang cerdik ini secara historis bekerja dengan pemburu manusia sebagai sebuah tim dan hasilnya dianggap memiliki ikatan erat dengan pemiliknya. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Akita Inu, Setia dan Berpengaruh Kuat di Jepang

Saint bernard

Ilustrasi anjing Saint Bernard atau St. Bernard yang termasuk ras anjing raksasa.Shutterstock/Rita_Kochmarjova Ilustrasi anjing Saint Bernard atau St. Bernard yang termasuk ras anjing raksasa.
Selanjutnya, anjing paling setia di dunia adalah Saint bernard. Ras anjing ini dikenal sebagai raksasa lembut, sabar, baik hati, dan waspada di sekitar anak-anak. Ratusan tahun lalu, para biarawan menggunakan ras yang kuat dan setia ini untuk menemukan serta menyelamatkan para pelancong yang terkubur dalam longsoran salju di Pegunungan Alpen, Swiss.

Anjing-anjing ini melintasi salju sedalam puluhan kaki untuk menemukan orang-orang yang terperosok dan memandu para biksu ke biara dari lokasi mereka yang hilang.  

Baca juga: 7 Ras Anjing Berkepribadian Lembut di Dunia, Cocok untuk Anak-anak

Border collie

Para peternak anjing mengembangkan anjing Border collie di sekitar perbatasan antara Skotlandia dan Inggris menjelang akhir abad ke-19. Daerah perbatasan ini kemudian menjadi nama dari anjing Border collie. 

Halaman:
Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com